Bagian 2: App Hello World (Android Studio)

Ini adalah lanjutan dari posting instalasi SDK.

Sesuai tradisi programmer, langkah pertama saat mencoba suatu platform adalah membuat aplikasi yang mengampilkan “hello world”. Dibutuhkan koneksi internet untuk menjalankan aplikasi, setidaknya untuk pertama kali.

Pilih “New Project”.

Isi seperti gambar dibawah, jangan lupa ganti nama package. Package name harus unik, aturan yang biasa digunakan adalah menggunakan nama website organisasi anda (dalam urutan yang dibalik), ditambah dengan nama applikasi. Misalkan nama website organisasi anda adalah yuliadi.com, maka nama package adalah: com.yuliadi.namapp. Jika nama web organisasinya cs.upi.edu, maka nama packagenya bisa berupa edu.upi.cs.yudiwbs.namaapp. Tekan “Next”

Dapat dilihat pada gambar di bawah bahwa minimum required SDK diset dengan API15 Android 4.0.3 (ICS).

Selanjutnya pilih next dan next.. sampai untuk activity pilih “BlankActiviy” dan Next. Terakhir, klik “Finish” dan tunggu beberapa saat. Pastikan komputer terhubung dengan internet.

ADT akan membuatkan bagian user interface dalam format XML (activity_main.xml) dan code untuk activity utama (MainActivity.java) (gambar bawah)

Apa itu activity? nanti akan dijelaskan lebih lebih lanjut, tapi untuk sekarang anggap activity sebagai bagian dari app yang melakukan task tertentu (menerima input dari user, menampilkan output dan sebagainya).

Pada actity_main.xml dapat dilihat form komponen teks bertuliskan “hello world” yang sudah disiapkan oleh Android Studio (gambar bawah)

Sekarang coba kita lihat secara lebih rinci tentang activity_main.xml. Komponen user interface untuk app Android ini disimpan pada direktori /res/layout dalam format XML.

Gambar diatas adalah graphical layout yang berisi bagaimana komponen ditampilkan dan fasilitas untuk mengedit layout secara drag-drop. Lihat ke tab bagian bawah, pilih “Text” maka dapat dilihat format XML-nya (gambar bawah).

Jadi anda dapat mengubah elemen user interface dengan dua cara: melalui graphical layout (drag-drop) atau langsung mengedit file xml-nya.

Sekarang coba buka source code main activity. Klik di tab MainActivity.java atau melalui package explorer: buka /src, package dan klik MainActivity.java (gambar bawah)

Dapat dilihat source code yang dibangkitkan:

Jalankan project dengan mengklik icon run (gambar bawah) atau shift-F10. Pastikan device sudah terhubung dengan komputer melalui USB dan USB driver sudah diinstall.

Selanjutnya akan ditanyakan device yang akan digunakan, jika USB driver device telah diinstall dengan benar, maka device anda akan muncul seperti pada gambar bawah, pilih dan tekan OK.

Lihat pada device anda, maka aplikasi akan muncul seperti ini

Selamat! Anda telah menjalankan app pertama anda.

0 comments on “Bagian 2: App Hello World (Android Studio)

1 Pings/Trackbacks for "Bagian 2: App Hello World (Android Studio)"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.