Bagian 2: App Hello World (Eclipse)

Update Apr 2015:

Posting ini masih menggunakan Eclipse. Google tidak akan lama lagi akan mendrop support terhadap Eclipse sehingga lebih baik beralih ke Android Studio. Versi tutorial ini untuk Android Studio.

=End Update=

Lanjutan dari bagian 1: Instalasi

Sesuai tradisi programmer, langkah pertama saat mencoba suatu platform adalah membuat aplikasi hello world.

Untuk memulai, jalankan Eclipse, pilih File –> New –> Android Application Project.

Isi seperti gambar dibawah, jangan lupa ganti nama package. Package name harus unik, aturan yang biasa digunakan adalah menggunakan nama website organisasi anda (dalam urutan yang dibalik), ditambah dengan nama applikasi. Misalkan nama website organisasi anda adalah yuliadi.com, maka nama package adalah: com.yuliadi.nam_app. Jika nama web organisasinya cs.upi.edu, maka contoh nama packagenya: edu.upi.cs.yudiwbs.nama_app.

2_1

Dapat dilihat pada gambar di bawah bahwa minimum required SDK diset dengan API11 Android 3.0 (HoneyComb) karena versi ini telah mendukung ActionBar. Sedangkan “Target SDK”, “Compile With” dapat diisi dengan SDK yang paling tinggi.

Selanjutnya pilih next sampai untuk activity pilih “BlankActiviy” dan Next. Terakhir, klik “Finish” dan tunggu beberapa saat.

Sekarang coba kita lihat apa yang dihasilkan secara otomatis.

Komponen user interface untuk app Android disimpan di direktori /res/layout dalam format XML. Dalam project ini secara otomatis di buat activity_main.xml. Jika belum terbuka, coba buka /res/layout/activity_main.xml melalui package explorer (gambar bawah).

2.2

Pertama yang kita lihat adalah graphical layout berisi rendering layout dan fasilitas untuk mengedit layout. Lihat ke tab bagian bawah, pilih activity_main.xml (gambar bawah) untuk melihat format XML-nya. Komponen user interface dalam Android didefinisikan didalam XML. Jadi anda dapat mengubah elemen tampilan dengan dua cara: melalui graphical layout atau langsung mengedit file xml-nya.

2_3

Sekarang coba buka source code. Lihat package explorer, buka src, package dan klik MainActivity.java (gambar bawah)

2_4

Dapat dilihat source code yang dibangkitkan ADT

Sekarang jalankan project dengan mengklik icon run (gambar bawah) atau ctrl-F11 dan pilih Android Application. Tunggu emulator dilaunch jika emulator telah ditutup sebelumnya .

2_5

Perhatikan tab console dibagian bawah (gambar bawah). Tab ini penting untuk melihat apa yang terjadi. Jika emulator sudah tertutup, harap tunggu beberapa lama (bisa 1-10 menit tergantung kemampuan komputer). Tip: Penggunaan emulator sangat lambat, jika tersedia, sebaiknya gunakan device asli yang terhubung dengan USB.

2_6

Lihat emulator maka akan akan muncul aplikasi berikut (jika device dalam kondisi lock, unlock terlebih dulu)

2_7

Selamat! Anda telah menjalankan app pertama anda. Jangan tutup emulator ini, Eclipse selanjutnya akan menggunakan emulator yang sudah terbuka ini sehingga tidak perlu menjalankan yang baru.

Lanjut ke tutorial bagian 3: Hello XXX

0 comments on “Bagian 2: App Hello World (Eclipse)

1 Pings/Trackbacks for "Bagian 2: App Hello World (Eclipse)"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.