Elearning / Mobile-Learning dengan Messaging App (LINE)

Saya menggunakan elearning untuk membantu kegiatan mengajar di UPI sejak tahun 2005 ( Moodle),  kemudian beralih menggunakan group Facebook tahun 2011 dan akhirnya pindah menggunakan messaging app mulai tahun ini. Alasannya karena mengikuti apa yang saya dan mahasiswa gunakan sehari-hari hehe.

Ada dua alternatif messaging app yang digunakan, pertama WhatsApp dan yang kedua adalah  Line.  Kelemahanan  utama WhatsApp adalah membutuhkan nomor telepon, dan saya pribadi tidak mau memberikan nomor telepon kepada semua mahasiswa, hanya ketua kelas (pernah merasakan ditelpon berkali-kali oleh mahasiswa).  Dari hasil pengamatan sekilas WA juga lebih sedikit digunakan di kalangan mahasiswa dibandingkan Line.  Oleh karena itu saya memilih Line.

Dalam group Line ada dua mode yang dapat digunakan, pertama mode seperti timeline FB dan yang kedua mode chatting (gambar bawah). Mode timeline cocok untuk meletakkan pengumuman dan materi kuliah  sedangkan mode chatting untuk diskusi.

line2    line1

 

Inisiasinya mudah, saya buat group, buat QR code group, tampilan QR itu di slide kuliah pertama dan mahasiswa dapat join. Sisanya ditambahkan teman-teman yang lain.

Kelemahan dari Line adalah user interfacenya kadang membingungkan dan tidak intuitif. Saat HP saya rusak juga data chatting hilang. Fungsi admin juga tidak ada karena semua sejajar.

 

Posted in app

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.