Game Maker: Pendahuluan dan Tutorial Pertama

Gamemaker (GM) adalah game engine untuk pengembangan game 2D yang dibuat oleh YoYoGame. GM  bertujuan membantu orang mengembangkan game tanpa perlu mengetahui bahasa pemrograman terlebih dulu . GM menggunakan konsep visual coding interface berbasis drag-drop sehingga cocok untuk pemula atau orang yang belum kemampuan latar belakang pemrograman.  

Bagi pengguna yang memiliki kemampuan coding, GM menyediakan bahasa pemrograman untuk user yang membutuhkannya yang disebut GameMaker Language (GML). GM dapat digunakan untuk membuat game 3D, walaupun fokus utama tetap untuk game 2D

Ada beberapa versi untuk GM, versi gratis hanya dapat membuat aplikasi Desktop Windows dengan splash screen wajib, versi Pro mendapat tambahan fitur texture management,  export ke Windows App dan opsi untuk membeli modul export platform lain seperti Android, HTML5, iOS. Sedangkan Versi Master adalah yang mahal dan paling lengkap.

Instalasi GM Studio sangat mudah, download di http://www.yoyogames.com/   

Selanjutnya buka GM, klik new (gambar bawah) untuk membuat project pertama kita.  Pilih lokasi dan nama proyek misal “tutorial1”.  Lalu klik button “Create”

ScreenHunter_95 Nov. 15 06.38

Bagian yang paling penting adalah resources tree yang berada di kiri atas (gambar bawah).  

ScreenHunter_94 Nov. 15 06.18

Berikut penjelasan singkat setiap komponen. Nantinya akan lebih jelas saat digunakan dalam tutorial.

  1. Sprites: Gambar untuk game. Sprites dapat berisi gambar tunggal atau urutan gambar untuk animasi.
  2. Sounds: Suara untuk efek atau backgroud. Format yang umum adalah OGG, MP3 dan WAV. WAV lebih sering digunakan untuk sound effect.
  3. Background: gambar untuk latar belakang. Backround digunakan untuk tiles (kumpulan gambar untuk menggambarkan sebuah daerah) yang nanti diletakkan di game dengan room editor. Background juga digunakan untuk menyimpan texture untuk game 3D.
  4. Paths: Path digunakan sebagai jalur untuk objek dalam game. Cocok misalnya untuk game berjenis Tower Defense.
  5. Scripts: code yang dapat digunakan objek game. Bisa saja satu objek menggunakan script yang sama.
  6. Shaders: Untuk efek grafik seperti Gaussian Blur untuk pencahayaan.
  7. Fonts
  8. TimeLines: timer untuk event.
  9. Objects: Bersama room, elemen terpenting dalam game. Objek adalah aktor dalam game, komponen yang berinteraksi dengan user atau dengan objek yang lain.
  10. Rooms: Setiap game minimal memiliki satu room. Room adalah wadah untuk objek-objek.
  11. Included Files: File eksternal, biasanya untuk data.
  12. Extensions: Library external, fungsi-fungsi tambahan dalam DLL atau Javascript.
  13. Macros: Untuk menyimpan konstanta, variabel yang tidak berubah nilainya.

Untuk lebih terorganisir, dapat dibuat group untuk setiap resources (Klik kanan pada resource →  create group)

Tutorial Pertama: Objek dan event keyboard

Pada tutorial ini kita akan membuat satu karakter yang bergerak ke empat arah sesuai dengan panah keyboard.Langkah pertama adalah membuat sprite, klik icon pacman di toolbar atau pilih di sprite di resources tree lalu klik kanan → create sprite.  (gambar bawah)

ScreenHunter_96 Nov. 15 06.43   atau   ScreenHunter_97 Nov. 15 06.43

Beri nama sprite, “spOrang”, lalu klik button “Edit Sprite” (gambar bawah)

ScreenHunter_98 Nov. 15 06.45
Buat file baru, dengan ukuran 32 x 32, lalu double klik gambar untuk masuk ke image editor (gambar bawah).

ScreenHunter_99 Nov. 15 06.47

Zoom untuk memperbesar, buat gambar orang yang anda inginkan. Setelah selesai, close dan simpan sprite.

ScreenHunter_100 Nov. 15 06.48

Selanjutnya kita akan membuat objek.  Objek ini akan diisi dengan sprite, satu sprite dapat digunakan oleh banyak objek. Jadi jika kita ingin membuat 100 objek orang, dapat diisi dengan satu sprite di atas. 

Klik balon hijau di toolbar, atau klik kanan di resource tree objects dan pilih “Create Object” (gambar bawah) maka akan muncul window object properties.

 ScreenHunter_101 Nov. 15 06.50 atau  ScreenHunter_102 Nov. 15 06.51

 

Pada bagian sprite, gunakan spOrang yang telah kita buat sebelumnya (gambar bawah). Simpan objek ini dengan nama objOrang

ScreenHunter_103 Nov. 15 06.52

Sekarang kita bisa bisa menambahkan event untuk objek ini.  Event adalah aksi yang dikenakan pada objek. 

Masih di object properties, klik “Add Event”  maka ada pilihan event seperti gambar bawah.

ScreenHunter_104 Nov. 15 06.54

Pilih keyboard lalu pilih <left>, tambah lagi event dengan cara yang sama untuk tombol <right>. Sehingga hasilnya akan seperti dibawah

ScreenHunter_105 Nov. 15 06.55

Sekarang kita akan menambahkan aksi. Aksi adalah kegiatan yang akan dikerjakan jika terjadi event tertentu. Kita akan menambahkan aksi objek akan bergerak ke kiri jika terjadi event panah kiri ditekan. Pilih event <left> lalu perhatikan dibagian kanan, drag action “Jump” ke dalam jendela actions. (gambar bawah)

ScreenHunter_106 Nov. 15 06.58

Akan muncul detil untuk aksi jump tersebut. Isi x dengan -8 dan check relative (gambar bawah). Ini berarti  objek akan digeser 8 point ke kiri.

ScreenHunter_107 Nov. 15 07.03

Jika relative tidak dicheck maka posisi objek akan diletakkan di koordinat (-8,0).  Posisi 0,0 di GM terletak kiri atas.

Lakukan yang sama untuk <right> dengan arah ke kanan (x diisi positif 8).

Selanjutnya kita akan menambahkan room. Room adalah tempat objek diletakan. pilih icon window pada toolbar (atau klik kanan room lalu “create room”), maka akan muncul room properties (gambar bawah).

ScreenHunter_109 Nov. 15 07.05

Pilih objek, lalu pilih objek orang yang sudah kita buat. Lalu klik posisi yang diinginkan di room (gambar bawah)

ScreenHunter_111 Nov. 15 07.06

 

Selanjutnya close dan simpan (icon check di kiri atas), lalu jalankan game dengan tombol play.

ScreenHunter_112 Nov. 15 07.07

Coba gerakan objek ke kiri dan ke kanan. Untuk latihan, tambahkan event ke atas dan ke bawah jika tombol panah atas dan panah bawah ditekan.

Selain action move seperti yang kita gunakan, terdapat kategori action lain dengan memilih tab di sisi kanan (gambar bawah). Silahkan dieksplorasi.

ScreenHunter_113 Nov. 15 07.08

 

Lanjutan: Gamemaker Language

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.