Indosat: SMS Content 1300 dan SMS Content 4650

Update Des 2016: Istri sering mendapat SMS dari 808, curiga, SMS lagi ke 726 (status). Hasilnya ada dua layanan asoy dan ungu lagi ūüôĀ ¬†Kirim pesan ke @indosatcare, mereka bilang saya tidak berlangganan. Penasaran saya cek tagihan, ternyata memang tidak ada SMS premium. Jadi¬†kemungkinan ada dua database yang tidak konsisten isinya, satu yang digunakan SMS 726, satunya lagi yang digunakan untuk billing dan juga digunakan oleh cs. ¬†Atau, saya terdaftar tapi tidak ditarik bayaran.

Update 29 Nov 2015: Setelah berganti jadi Indosat Oreo eh Ooredoo ternyata detil tagihan menghilang. Berganti hanya jadi satu lembar berisi rangkuman tagihan ūüôĀ ¬† Ayolah, kan cuma email, tidak perlu hemat kertas. ¬†Padahal bulan ini saya ada tagihan telepon sekitar 35rb, dan saya ingin tahu nomor mana saja karena seingat saya sekarang saya¬†jarang menelepon. Saya kontak twitter indosatcare, jawabnya akan diaktifkan nanti tunggu SMS konfirmasi. Tunggu 24 jam, SMS belum sampai, kontak lagi dan katanya “detil tagihan sudah diaktifkan, tunggu bulan depan”. Duh. Ya sudah kita lihat saja bulan depan. Update: sudah dapat detil


Saya dan istri menggunakan layanan Indosat Matrix. Ceritanya dimulai saat menerima tagihan bulan Juli 2015 untuk telepon istri saya. Kami terkejut karena tagihannya kok lebih besar dari biasa. Saya lihat di lembar utama tertulis ada dua layanan yang aneh:

SMS Content 44545  
Layanan VAS 

Karena jumlahnya saya menduga SMS Content 44545  ini layanan internet. Istri menggunakan paket Rp49 ribu per bulan, dan memang sering daftar paket lagi sebelum waktu berakhir. Cuma kenapa namanya SMS 4454 dan jumlahnya bukan 49rb (malah Rp44,545)?

Sedangkan untuk layanan VAS saya coba cek ke lembar detil, ternyata ada beberapa SMS aneh dan berulang-ulang:

SMS Content 1300 ke nomor 935906 (Rp1300)
SMS Content 4650 ke nomor 9951799 (Rp4650)

Saya email ke cs indosat inti jawabannya “..VAS service adalah layanan digunakan berdasarkan dengan permintaan pelanggan seperti SMS content berlangganan, M-Banking, atau download (mengunduh). Silakan cek kembali pada lembar detail billing yang kami sertakan dengan lembar tagihan”, saya reply:¬†“OK saya sudah lihat detail billing, SMS 1300 itu apa? dan mohon diblokir” … dan sialnya jawaban cs SAMA PERSIS¬†dengan sebelumnya. ¬†Argh.

Saya beralih ke Twitter @indosatcare, nah baru ada jawaban yang bagus:

@Indosatcare menjawab: “kirim sms STATUS ke 726”. Saya lakukan dan ternyata saya terdaftar di layanan¬†¬†asoy_99517 dan ungu_9359. ¬†Apaan? Entah kapan dan bagaimana dua layanan ini aktif, OK saya coba¬†unreg. Jahatnya layanan ini, untuk asoy ternyata harus menggunakan huruf kecil “UNREG asoy” sedangkan untuk ungu harus menggunakan huruf besar “UNREG UNGU” ¬†(tidak bisa jika salah case).

Setelah ada status berhasil unreg, saya cek ke 726 dan ternyata saya masih terdaftar. Pihak indosatcare kemudian mengatakan agar menunggu 1×24 jam. Gatal ingin tanya “kenapa nggak bisa langsung?, kan¬†cuma ganti satu field/record saja di databasenya” tapi ya sudahlah.

Kejadian ini pernah saya alami untuk XL, bedanya dengan Indosat, selain menstop, XL kemudian mengurangi tagihan saya (jadi kredit untuk tagihan bulan berikutnya).

Kesimpulan: rutin cek STATUS ke 726.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.