Bagian 1: Instalasi SDK Android pada Windows (Eclipse)

Update Feb 2015:
Menggunakan Eclipse sudah tidak direkomendasikan lagi, sebaiknya langsung menggunakan Android Studio saja. Demikian halnya juga dengan emulator, kecuali untuk kondisi darurat, emulator terlalu lambat dan menggunakan memori terlalu besar. Ini tutorial untuk versi Android Studionya.
End-Update

Sebelumnya pastikan JDK telah diinstall. Jika belum, Anda dapat mendownloadnya di: http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/

Untuk membuat app Android,  diperlukan Android SDK (Software Development Kit) yang dapat diperoleh di http://developer.android.com/sdk   sedangkan untuk IDE (Integrated Development Environment)  dapat dipilih Eclipse, Netbeans atau bahkan langsung dengan command line dan notepad. Tapi saat ini telah tersedia instalasi untuk Windows yang telah menyediakan semua komponen yang dibutuhkan (ADT Bundle for Windows).  Download ADT Bundle ini, dan setelah selesai ekstrak ke tempat yang anda inginkan dan langsung dapat dijalankan karena tidak ada proses instalasi.

Salah satu file hasil ekstrak dari ADT Bundle adalah “SDK Manager.exe”, jalankan file ini. Dapat dilihat bahwa versi default API yang terinstall adalah 4.2.2 (API17). Jika anda terkoneksi dengan internet, anda dapat download API versi lain yang dibutuhkan.

Selanjutnya kita perlu membuat emulator smartphone android (AVD: Android Virtual Device). Program yang akan kita buat dikomputer akan dijalankan di emulator ini.

Masih pada SDK Manager, Pilih ToolsàManage AVDs. Akan muncul dialog berisi daftar AVD  kemudian klik “New”  (Gambar bawah)

1

Kita akan buat AVD versi 4.2. (JellyBean) Isi nama, device dan target (gambar bawah)

2

Lalu isi RAM dengan ukuran kecil terlebih dulu, dan centang “Use Host GPU” (jika komputer anda memiliki GPU).  Lalu tekan OK (gambar bawah)

3

Pilih AVD yang baru Anda buat lalu klik Start dan kemudian Launch (gambar bawah). Tunggu 1-5 menit (tergantung kemampuan komputer yang Anda miliki).

4

Emulator ini membutuhkan waktu cukup lama dan memori yang  besar. Ambil secangkir kopi dan silahkan tunggu sampai layar berikut muncul (jika yang muncul masih tulisan Android berkelap-kelip, tunggu). Setelah emulator dijalankan, sebaiknya jangan ditutup lagi untuk menghemat waktu.

5

Terutama bagi yang belum memiliki Android, Anda dapat gunakan emulator ini untuk mengeksplorasi fitur-fitur Android.

Selanjutnya kembali ke file bundle yang telah diekstrak, terdapat direktori Eclipse. Masuk ke direktori ini dan jalankan eclipse.exe. Akan muncul dialog untuk memilih direktori tempat source akan diletakkan, lalu akan tampil window welcome seperti gambar dibawah. Close window ini selanjutnya anda siap membuat program pertama.

6

Tip: Jika anda menggunaka prosesor Intel, ada cara untuk mempercepat emulator Android, anda dapat menggunakan teknologi intel VT-x. Baca: (http://yudiwbs.wordpress.com/2012/09/15/mempercepat-emulator-android/)

Berlanjut ke bagian 2: membuat app pertama, hello world.

One comment on “Bagian 1: Instalasi SDK Android pada Windows (Eclipse)

1 Pings/Trackbacks for "Bagian 1: Instalasi SDK Android pada Windows (Eclipse)"

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.