OpenGL bagian 1: Memulai LWJGL dan Cek Versi OpenGL

Catatan: Posting tentang OpenGL merupakan pengalaman saya mencoba teknologi ini, jadi sambil saya coba, langsung saya tulis .  Kemungkinan ada beberapa kesalahan  yang akan ikut tertulis dan baru saya perbaiki setelah saya lebih dalam mempelajarinya.

Untuk menggunakan OpenGL+Java, ada dua library yang dapat digunakan: LWJGL dan JOGL.  Lebih banyak yang merekomendasikan LWJGL dan setelah semalaman mencoba kedua lib ini akhirnya saya memutuskan memilih LWJGL.

Sebelum mulai, hal yang pertama harus dilakukan adalah mend-download dan update driver GPU anda agar memperoleh versi OpenGL yang paling akhir.   Kedua, bagi beberapa laptop jenis tertentu, ternyata walaupun memiliki GPU  terpisah, untuk menghemat power maka secara default  GPU-nya tidak diaktifkan (untuk kasus laptop saya, yang digunakan adalah  Intel Graphic sehingga hanya mendapatkan openGL versi 3.0).  Untuk mengatasinya, masuk ke software yang disedikan GPU (misal NVIDIA Control Panel) untuk memastikan agar GPU yang selalu digunakan.  Gunakan software seperti OpenGL extension viewer untuk melihat versi OpenGL yang disupport.  Sebaiknya versi OpenGL yang digunakan adalah minimal versi 4 ke atas.

Selanjutnya download lwjgl  dan ekstrak, yang paling penting adalah direktori /jar.  Sekarang kita akan buat project pertama OpenGL di Eclipse untuk mengambil versi OpenGL. Jalankan Eclipse, buat project baru. Lalu masuk ke project properties –> Java Build Path –> Libraries –> Add External JAR. Pilih  lokasi tempat lwjgl diekstrak, ke direktori jar lalu tambahkan lwjgl-debug.jar  sehingga hasilnya seperti gambar bawah.

add_external_jar

Kemudian yang penting adalah mengeset native library. Masih pada window libraries, klik setigita disamping lwjgl-debug.jar, lalu double click native library (gambar bawah)

setnative

Pilih direktori tempat lwjgl, pilih native dan pilih OS yang anda gunakan. Tanpa mengeset native lib, maka error “no lwjgl in java.library.path” akan muncul.

Kemudian tambahkan class dengan code berikut. Jalankan, maka akan ditampilkan versi OpenGL, jenis GPU untuk renderer dan vendor.

public class TampilkanVersi {

	public void initGl()
	{
		try {
			Display.create();
			System.out.println("OpenGL version: " + GL11.glGetString(GL11.GL_VERSION));
			System.out.println("OpenGL renderer: " + GL11.glGetString(GL11.GL_RENDERER));
			System.out.println("OpenGL vendor: " + GL11.glGetString(GL11.GL_VENDOR));
		}
		catch (LWJGLException e) {
			System.out.println("error");
			e.printStackTrace();
			System.exit(-1);
		}
	}

	public static void main(String[] args) {
		TampilkanVersi tv= new TampilkanVersi();
		tv.initGl();
	}

}

Berasambung ke tutorial berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.