Pengalaman menggunakan 4G XL, 4G Indosat dan 4G Telkomsel di Bandung

simcard_kecil

Keterangan gambar: simcard 4G untuk XL, Simpati Telkomsel dan Indosat yang saya miliki. Hanya XL yang tidak mencantumkan kata 4G.

Kesimpulan: setelah menggunakan 3 operator 4G (Telkomsel, Indosat dan XL), kesimpulannya adalah kita wajib upgrade ke 4G. Bahkan jika belum punya device 4G sekalipun, upgrade sepertinya mempercepat internet di 3G (lagipula gratis dan tidak mengubah nomor). Dan bagi yang akan membeli smartphone, pilihlah yang support 4G, kalau bisa yang dual simcard malah. Kalau anda bilang “sekarang 3G sudah cepat kok”,  coba saja jika sudah mencicipi kecepatan 10-30 Mbps, tidak akan bisa balik lagi ke kecepatan rendah 🙂 Pengalaman yang membuat sulit kembali lagi ke kecepatan rendah: load video instagram hampir seketika, update app super cepat, video chat, youtube jadi lancar dengan resolusi tinggi dan browsing+download cepat. Kerugiannya mungkin cuma satu: kuota cepat habis. Apalagi kalau sedang tethering dengan laptop dan tidak sengaja ada update otomatis. Test kecepatan saja bisa menghabiskan banyak. Jika kecepatan mencapai 20Mbps dan digunakan maksimal (misal untuk download) maka kuota 1GB akan habis hanya dalam kira-kira 10 menit!

Catatan: Untuk dapat menggunakan 4G ada tiga syarat yang harus dipenuhi: USIM card sudah versi 4G, HP sudah mendukung 4G dan lokasi sudah tercover 4G.  Jika salah satu saja tidak terpenuhi maka tidak akan bisa menggunakan jaringan 4G dan otomatis diturunkan ke 3G/2G.  Kita sudah terhubung dengan 4G jika icon koneksi berubah menjadi seperti ini dengan tulisan “LTE” atau “4G” :

icon4g

Langsung loncat ke posting awal (lewati update-update).

Update   Jan 2017:
Ada yang aneh dari tagihan XL, paket HotRod 12GB yang biasanya 149rb menjadi 270rb (gambar bawah). Apakah memang naik? saya kontak account twitter @myxlcare dan diluar dugaan saya, tweet saya tidak dijawab! wow, kontras sekali dengan account cs twitter telkomsel dan indosat yang sangat cepat menjawab. Barusan saya coba kirim lagi keluhan via email, kita lihat apakah dijawab atau tidak. Masalah lain, beberapa bulan ini saya rasakan internet XL melambat dibeberapa tempat (nanti akan saya test lagi). Jadi sepertinya saya akan segera menutup nomor XL ini. Update: email dijawab sehari kemudian dan mereka meminta alamat dan tempat/tgl lahir (kenapa harus tunggu 24 jam?). Anehnya mereka juga menanyakan “password pasca bayar (jika ada)” wah, password? via email? lagipula saya tidak tahu apa yang dimaksud password pasca bayar. Harusnya password adalah sesuatu yang sangat tabu ditanyakan, bahkan oleh petugas resmi sekalipun. Bayangkan berapa orang yang menggunakan password yang sama untuk berbagai layanan (gmail, facebook, instagram dst) dan tidak menggunakan two factor authentication. Saat itu diberikan ke petugas XL, bisa jebol semua. Update: setelah 4 hari dari email laporan saya, tagihan dikoreksi menjadi 149rb. Sempat ditelepon oleh cs (sekitar 2 hari setelah email) yang menyatakan bahwa aduan sedang diproses.

Update Jan 2016:
4G XL dapat digunakan di Palembang, cakupannya masih sempit (tengah kota) dan kecepatannya masih rendah  (down 4.9 Mbps / up 1.32 ).

Walaupun saya sudah menggunakan Indihome, ternyata 4G sangat terpakai saat mau upload. Kecepatan upload Indihome selalu di kisaran 2Mbps, cukup untuk aktivitas normal, tapi jika ingin mengupload banyak foto dalam faktu singkat, cara yang paling cepat adalah menggunakan 4G.  Dengan kecepatan upload 15-25Mbps, 10 kali lipat lebih cepat daripada Indihome 🙂

Di Depok (daerah sekitar Margo City) Indosat 4G mendapat kecepatan 17.4/13.5.

Update Des 2015:

Dari perubahan peta cakupan, XL terlihat memperluas ke daerah Padalarang, Jatinangor (UNPAD), Lembang. Ke arah selatan sekarang mencakup sampai Kopo (telkomsel dan indosat belum sampai ke sana) dan tenggara mencakup daerah Batununggal. Bagus untuk XL 🙂

Saat ini yang memberikan kuota bonus 4G adalah XL dan Indosat. Kuota bonus 4G  ini tidak dapat digunakan di 3G. Kuota bonus XL diberikan setiap bulan (6GB, untuk paket 150rb), sedangkan Indosat (10GB) sepertinya hanya sekali saja (mudah-mudahan sih nanti rutin hehe).  Untuk kuota non bonus, bisa digunakan baik di 2G/3G maupun 4G. Untuk telkomsel ada paket yang ditambah extra 4G+Wifi, yang sepertinya juga hanya dapat digunakan di 4G, tapi belum saya coba. Ini strategi bagus karena banyak pelanggan 3G jadi ngiler lalu frustasi lihat bonus 4G nya hangus begitu saja dan akan terdorong untuk menggunakan 4G (saya mengalami hehe).

Paket 4G XL  paket 4G indosat

 

7 Des 2015: update test kecepatan 4G tiga operator; lokasi: Sarijadi Bandung; Jam: 19.00; HP: Nexus 5  (down/up /ping):

Indosat:  7.45 / 15.43 / 24ms
XL:  13.30/  6.25 / 41ms
Telkomsel: 29.43 / 22.65 / 25ms

Dibandingkan test agustus 2015 ada perubahan signifikan. Telkomsel melonjak tajam. Indosat juga meningkat dan XL merosot. Sepertinya jaringan 4G masih belum stabil. Kita lihat saja beberapa bulan kedepan. Catatan lain: kecepatan Indosat di UPI mencapai 23.88/15.98 dan di ITB mencapai 34.52/20.46. Bisa kenceng juga ternyata 🙂

Update Des 2015: Saat lihat sisa quota di app XL ada yang berubah. Tadinya untuk paket HotRod 149rb terdiri atas 6GB di 4G dan 6GB di 2G/3G.  Sekarang berubah menjadi 6GB 4G dan 6GB 2G/3G/4G. Wah  asyik kalau benar, jadi dapat 12GB 4G.  Tapi belum ada informasi tentang ini di website resmi XL.

Update Des 2015: Lihat promosi Indosat 4Gplus, ada gratis 10GB? wah menarik. Coba daftar, dapat pesan “Maaf Anda sudah tidak berhak mendapatkan program bonus tambahan kuota 10GB” 🙁   Kecepatan di Sarijadi juga tidak berubah (malah upload turun jadi 0.32 Mbps). Jadi apa arti kata plus di 4GPlus? <plus sedih hehe> Detil tagihan via email juga jadi hilang (jadi cuma selembar rekap). Indosat ternyata dibeli Oreo, eh Ooredoo ternyata sama saja. Update: beberpa hari kemudian dapat SMS bahwa menerima bonus 10GB! Mungkin bonus 10GB otomatis untuk pelanggan 4G?

Update 28 Nov 2015: ternyata tidak semua HP 4G  mendukung freq 900Mhz dan 1800Mhz. Masalahnya, dibeberapa tempat ketiga operator masih menggunakan freq 900 untuk 4G, walaupun katanya semua nanti akan diupgrade ke 1800. Ini daftar HP yang support baik 900 maupun 1800: [gsmarena.com] sedangkan untuk yang dual SIM 4G: [gsmarena.com] Saya pribadi sedang mencari HP 4G dual SIM, dengan harga 2jt-an  dan memori minimal 2 GB; setelah lihat-lihat dan cek silang di Tokopedia alternatifnya adalah: Asus Zenfone Laser 2 ZE 550KL, ZD551KL,  Lenovo Vibe 1Pm, dan ZTE Blade S6.  Perbandingkan spesifikasi ketiganya dapat dilihat di: [gsmarena.com]   Dari ketiganya, saya tertarik dengan Asus karena ukurannya paling besar, kameranya menggunakan laser autofokus + dual flash (sebenarnya tidak signifikan lebih cepat, tapi artinya mereka serius mengurusi kamera) dan sudah support GPS+GLONASS sehingga posisi lebih cepat terupdate. Paling murah adalah Lenovo, baterenya paling besar kapasitasnya, tapi kamera paling rendah resolusinya dibandingkan yang lain. Update: Lenovo A7000 juga dapat jadi kandidat menarik, prosesornya lebih cepat daripada zenfone.

Catatan: Khusus untuk Asus Zenfone harus super hati-hati untuk tipe Laser 2 ini karena banyak variannya. Sebagai contoh, Laser 2 ZE550ML yang namanya hanya berbeda satu huruf dengan ZE550KL sama-sama dual-sim tapi untuk yang ML sim kedua hanya support 2G! (gila, fatal kalau kebeli).  Untuk ZD551KL, saya mengincar bukan untuk selfie (kamera belakangnya 13mpixel+flash!)  tapi karena resolusi layarnya HD, sayangnya mendekati 3jt.

Update Nov 2015:  Jalan-jalan ke Lombok, saya terkesan dengan XL. Mulai dari daerah Sengigi, Mataram sampai Kuta, bisa dapat sinyal 4G. Di Mataram,  kecepatan mencapai 10Mbps down/17 Up. Indosat? seringnya malah dapat GPRS saja. Telkomsel sayangnya tidak saya coba.

Update Oktober 2015:
Akhirnya saya pasang Indihome Tripleplay (catatan saya untuk pemasangan Indihome).  Karena kalau dihitung, biayanya jauh lebih murah. Biaya internet yang tadinya sekitar 700rb (bertiga) + tv satelit 350rb berkurang jadi 400rb saja dengan Indihome, hemat sekitar 600rb sebulan dengan internet yang bisa dipakai sepuasnya tanpa khawatir dengan kuota, lumayan kan? Sekarang paket data Telkomsel sudah saya stop. Indosat hanya saya gunakan paket 50rb, itupun tersisa 1GB di akhir bulan.  Untuk XL, lebih parah lagi, sisa 6GB dari 12 GB. Untuk XL ini mau saya stop juga tapi masih terikat bundling sampai Feb 2016 (dulu beli untuk dapat discount beli HP LG3). Jadi posting tentang 4G ini kemungkinan tidak akan banyak diupdate lagi 🙂  Berita lain, 4G XL sudah ada di UPI, tapi kecepatannya hanya 5.5Mbps.

Update Des 2015:
Berikut snapshot cakupan 4G untuk Telkomsel, XL dan Indosat untuk daerah Bandung dan sekitarnya. Tapi untuk update yang terbaru atau zoom ke detil wilayah, silahkan saja cek ke website resmi masing-masing operator.

Cakupan 4G Telkomsel: http://internet.telkomsel.com/4g-lte/coverage_area

cakupan_telkomsel_kecil

 

Cakupan 4G XL:   http://4g.xl.co.id/maps  (klik gambar bawah untuk memperbesar)

 

cakupan 4G XL

Cakupan 4G Indosat:  http://indosatooredoo.com/coverage/Coverage/Super4GLTE (klik gambar untuk memperbesar)

indosat

 

Cakupan 4G Smartfren: http://www.smartfren.com/id/jangkauan/

ScreenHunter_80 Nov. 08 18.42

 

 

Update 3 Sept: Sinyal 4G Indosat seringkali hilang jika dimasukkan kantong celana. Mungkin mirip seperti XL dulu, masih dalam taraf ujicoba.

Update 21 Agustus: Ada satu operator 4G lagi yang masuk Bandung yaitu Smartfren. Sayangnya ini CDMA sehingga harus beli HP dari Smartfren atau menggunakan modem. Dari peta cakupanmya, sepertinya semua Bandung masuk, walaupun sepertinya agak aneh tercakup dengan lengkap seperti itu (4G operator lain biasanya tidak mencover lengkap seluruh wilayah). Nanti kalau mampir ke BEC saya akan coba ke galeri Smartfren.

Update 17 Agustus:  Saat yang ditunggu, membandingkan kecepatan ketiga operator untuk 4G!  Dilakukan di rumah (Sarijadi), jam 18.15  dengan Nexus 5. Hasilnya, kecepatan download dalam Mbps adalah Indosat=4.14, Telkomsel=2.11 dan XL=35.32.  Jadi XL tercepat untuk 4G, juga untuk uploadnya yang mencapai 10Mbps. Kecpatan XL yang mencapai 35Mbps diluar dugaan, mungkin karena untuk berlangganan paket 4G-nya lebih mahal. Sedangkan jika diubah ke 3G HSDPA, kecepatannya adalah: Indosat=1.22, Telkomsel= 12.28 dan XL=6.78. Anomali untuk Telkomsel yang 3Gnya malah lebih cepat daripada 4G.

Update 16 Mei: 4G LTE Telkomsel untuk wilayah Sarijadi Bandung (pagi) kecepatannnya 3.5Mbps, saat diganti ke HSDPA (3G) malah naik ke 7Mbps. Anehnya saat siang 4G naik ke 12Mbps dan 3G 10Mbps (biasanya siang lebih lambat). Sedangkan 4G XL mencapai 9Mbps di siang hari.

Update 2 Mei: 4G Indosat sudah masuk Bandung, penukaran SIM card harus di Galeri Indosat  Jln. Asia Afrika. Dari peta coverage sepertinya hampir pusat Kota Bandung sudah masuk. Sayangnya UPI tidak masuk, dan ITB hanya sebagian. Daerah Sarijadi juga sebagian tapi rumah saya masuk 🙂 Posting akan saya update setelah saya ganti kartu.

Update 9 April: 4G XL dan 4G Telkomsel ada di area ITB (XL mencapai 17Mpbs sedangkan Telkomsel 14Mbps), tapi sayangnya untuk UPI tidak ada untuk keduanya 🙁 Ini berarti peta cakupan 4G yang diberikan oleh XL akurat. Menariknya, dari ujicoba di beberapa tempat 4G XL selalu unggul dalam segi kecepatan dibandingkan 4GTelkomsel.

Update 13 April: Penasaran dengan bonus gratis 1 GB per hari dari XL, saya cari-cari di internet tidak menemukan info lokasinya dimana. Setelah tanya XLcare, ternyata hanya 3 tempat di Indonesia: IPB Darmaga, UGM dan USU. 🙁

Update 20 April:  Kecepatan XL di rumah  turun menjadi 7Mbps (dari tadinya 15an). Mulai banyak yang menggunakan?  Mudah-mudahan trendnya tidak turun terus.

-end update-

 


 

Indosat:

Update 14 Agustus: Akhirnya menukar kartu Indosat ke 4G. Harus di galeri Asia Afrika (buka dari jam 8 sd 20). Prosesnya gampang, tinggal tunjukkan KTP, tandatangan formulir dan langsung beres (karena pasca bayar?). Langsung aktif dan saat dicoba di galeri Indosat kecepatannya mencapai 22 Mbps baik untuk down maupun up. Di BTC Pasteur mendapat 12Mbps. Sayangnya setelah sampai rumah (Sarijadi) kecepatannya turun ke 7 Mps untuk down dan 3 untuk up. Bahkan jika bergeser beberapa ratus meter ke utara Sarijadi sinyal 4G nya hilang (sesuai peta coverage Indosat). Tapi ini tetap lebih baik dibandingkan 3G sebelumnya yang hanya mencapai 1 sd 2Mbps.  Di UPI tidak ada sinyal 4G sedangkan di ITB ada tapi sangat lambat (gagal ditest kecepatannya).

Untuk harga, Indosat juga masih lebih murah dari Telkomsel: 100rb dapat 7GB/bulan (3GB super internet 49rb ditambah 4GB paket ekstra 50rb). Bandingkan dengan paket android  TAU telkomsel 50rb hanya dapat 2GB (tanpa TAU bahkan 75rb utk 2GB). Lalu jika dibandingkan dengan XL, 150rb mendapat 6GB 4G dan 6GB 3G. Jadi untuk 4G indosat relatif paling murah.

XL:

Saat istri membeli LG 3, kami membeli dengan paket XL pasca bayar HotRod 12 GB/bulan selama 12 bulan agar dapat cashback 🙂  Sayang petugas XL-nya tidak tahu bahwa dari 12 GB itu ternyata 6GB-nya untuk 4G. Wajar saya jadi semangat saat ada pengumuman XL menghadirkan 4G di Bandung.    Karena kuota XL terpisah untuk 4G dan 3G, untuk “memaksa” agar XL selalu menggunakan 4G  dapat digunakan menu *#*#4636#*#* –> phone info –> Set Preferred Network Type –> LTE only.   Pada Nexus ini bisa dilakukan, tapi mungkin ada beberapa smartphone yang tidak mengijinkan menu tersebut.

Tukar kartu di XL center Jalan Martadinata, lancar dan cepat, tapi… tidak dapat sinyal 4G. Katanya karena tidak menggunakan iPhone (huh?)   Sampai rumah di Sarijadi, sinyal 4G juga tidak ada, padahal harusnya di rumah dapat sinyal. Penasaran, berbekal info peta dari 4g.xl.co.id saya dekati towernya yang berada di jalan Lemah Neundeut sampai 50 m, tetap saja tidak dapat sinyal  4G 🙁     Terakhir, akan saya coba di pusat belanja dan saya update posting ini.

Sisi bagusnya,  kecepatan 3G XL sepertinya meningkat di kisaran 4Mbps dari tadinya 1-2 Mbps.  Tapi tetap saja, punya bonus 6GB yang hangus tiap bulan itu menyebalkan.

Update 6 April:  sekarang di rumah sudah mendapat koneksi 4G XL 🙂  Saya pasang 4G Telkomsel, dan saat saya ganti kartunya dengan 4G XL,  wah, dapat sinyal LTE. Kebetulan atau memang baru dinyalakan 4Gnya? Kecepatan juga diatas 4G telkomsel (mencapai 13 Mbps).  Bahkan saat mencoba di Ciwalk, saya mendapat sampai 30 Mbps.
-end update-

Telkomsel:

Untuk Telkomsel, penukaran agak ribet karena mungkin nomor yang saya miliki adalah prabayar sehingga perlu verifikasi 5 nomor yang paling sering dihubungi (susah karena tidak hafal, bukan nomor utama) dan antrian lama. Ada rekan istri yang gagal menukar gara-gara selama ini nomor telkomselnya hanya digunakan untuk internet.

Sampai rumah, dapat sinyal 4G Telkomsel  walaupun lemah. Kecepatan di 4G tidak tinggi (4Mbps) tapi untuk 3G-nya ada peningkatan yang signifikan dari 4 Mbps menjadi 10 Mbps.  Saat anak saya coba di Mall Paris van Java, dia  mendapat sinyal penuh 4G dengan kecepatan mencapai 20 Mpbs.

Kesimpulan, kartu tetap layak ditukar karena kecepatan di 3G meningkat. Tapi jangan terlalu berharap dulu dengan 4G-nya. Mungkin berbulan-bulan lagi baru terlihat bedanya setelah urusan frequensi dibereskan.

Catatan: kecepatan dalam posting ini diukur menggunakan app SpeedTest.

Perbandingan Kecepatan 4G dan 3G XL vs Telkomsel vs Indosat

Lokasi: Sarijadi Bandung, 17 Agustus 2015, sore hari menggunakan Nexus 5.

Hasil lengkap download/upload/ping dalam Mbps/Mbps/ms

Untuk 4G:
Indosat=4.14 / 2.66 / 43
Telkomsel = 2.11 / 0.47 / 33
XL = 35.32 / 10.34 / 40

Untuk 3G HSDPA:
Indosat = 1.22 / 1.37 / 80
Telkomsel = 12.28 / 4.48 / 58
XL = 6.78 / 1.95 / 50

175 comments on “Pengalaman menggunakan 4G XL, 4G Indosat dan 4G Telkomsel di Bandung

  1. tukar kartu simcard itu dari spesifikasi apa menjadi apa pak?
    kalau Tri agar jalan 3G perlu ditukar kartunya tdk?

    • Bentuk fisiknya sama persis, nomor juga sama. Tapi tanpa ditukar, kita tidak bisa terhubung menggunakan 4G. Tri setahu saya belum bisa 4G, setidaknya di Bandung.

      • thx sdh reply pak admin,

        3G Tri saya di daerah BTC kadang bisa download 5Mb sekitar 40detik, sinyal H (mungkin setara speed 1Mbps),
        tapi data masuknya putus nyambung, kadang 1-2menit nyambung cepat tp 2-3menit internetnya spt “dc” tdk ada data masuk walaupun sinyal H-nya lancar.

        btw jaringan 3G XL yg meningkat dari 1-2Mbps menjadi 4Mbps-an setelah ganti kartu 4G itu jalannya lancar atau putus nyambung di sarijadi pak?

        • tp 1Mbps Tri itu cuma utk speed akses WhatsApp, sedangkan youtube dan android market tdk bs dibuka dc melulu “retry”, apa mungkin websitenya dilock oleh Tri kali ya, cuma cepat kalau akses jejaring sosial saja.

        • XL bagus kok, sekarang malah dapat 25Mbps. Memang kadang putus kalau di lantai 1, tapi jarang. Kalau menurut saya tukar kartu 3g ke 4g itu wajib hehe. Terburuk kita tetap dpt 3g.

          • wah bikin ngiler,
            paket 4G termurah XL brati 100rb/1bulan ya pak?
            gak ramah di kantong jg yak.. haduh

          • Ya. Menurut saya mending coba tiga provider dulu: Telkomsel, Indosat dan XL. Cari yang sinyalnya paling bagus dan harganya paling murah. Cuma yg telkomsel ada yg bilang harus nomor aktif (sering digunakan untuk telp/sms) baru bisa dikonversi ke 4G.

    • Coba cek peta jangkauan. Kalau saya lihat, untuk Indosat, XL dan Telkomsel Soreang tidak tercakup. Sedangkan Smartfren masuk tapi sepertinya di jalan utama saja.

  2. Kang, saya mahasiswa di ITB tinggal di tubis, menurut kakang, lebih enak pakai kartu 4G apa (sesuai kantong mahasiwa)? Hp saya dual sim yg satu udah pakai telkomsel buat telpon sms aja, slot sim satu lagi biasanya pake 3 buat internet. *maklum mahasiswa*

    • Sinyal paling bagus di daerah ITB berdasarkan pengalaman saya (labtek 5) adalah XL, tapi nggak tahu ya kalau daerah tubagus. Kalau paling murah sih Indosat.

  3. Pak admin kalo tuker kartu 3G XL dan Indosat ke kartu 4G itu nomor kita tetap nomor yang sekarang? Terus di pungut biaya ga untuk penukaran XL dan Indosat? Thx min

  4. Sepertinya memang soal jaringan dan kecepatan 4G kali ini lebih cepat XL di banding telkomsel dan indosat…saya coba speedtest di kosan nyentuh 25mbps/13mbps padahal di peta nya blm ada jaringan 4G..tapi gatau di hp saya tiba” jadi LTE…apalagi kalau pas di mall seperti GI/Sency bisa nyentuh 50mbps/20mbps.. Dan sedangkan saya coba pake telkomsel di tempat yg sama cuma dapat 12mbps/5mbps….hehe..

    • Setuju, secara umum 4G XL lebih cepat dari telkomsel. Tapi yang jadi masalah, di beberapa tempat sinyal XL hilang, dan biasanya hanya Telkomsel yang ada, walaupun juga bukan 4G. Itu sebabnya saya bawa dua HP 🙂

  5. Mau tanya ..kalau hp bln support 4G , trs sim nya di upgrade ke 3G keuntungannya apa ya.

    • Saya tidak punya data yang pasti karena tidak membandingkan kecepatan sebelum dan sesudah upgrade ke 4G dan tidak tahu secara detil teknis teknologinya. Tapi perasaan saya sih semakin cepat. Harusnya, operator akan memprioritaskan pengguna 4G, walaupun berada 3G. Lagipula kan gratis, dan nanti suatu saat beli HP 4G bisa langsung dicoba.

    • Koneksi 4G itu sebenernya murni hanya untuk komunikasi data. Bukan voice. Kenapa perlu ganti kartu dari SIM card ke uSIM card? Agar bisa dipakai komunikasi data plus voice sekaligus. Di masa mendatang, semua komunikasi (voice, video, messaging, dll) akan ditumpangkan via data. Jadi, yang kita butuhkan hanya langganan paket data aja. Nanti akan ada fitur voLTE (voice over LTE), alias telepon via internet (seperti di WhatsApp sekarang). Saat itu, orang akan mulai meninggalkan telepon via line telepon normal yang ada sekarang. Jadi nantinya, setiap kita telepon tidak lagi pake pulsa, hanya pakai data aja. Sama persis seperti transformasi messaging dari SMS ke BBM, Line, WhatsApp, dll.

    • Maaf karena saya pasang Indihome dan ditambah masih ada sisa paket xl dab indosat, ya jadi tidak perlu andromax. Apalagi handsetnya perlu yang khusus CDMA.

  6. Kang Admin, saya pake BB Q5 seri sqr100-2 yang support 4G. Klo liat speknya, Q5 ini bisa di frekuensi 900/1800/2600. Kira2 bagusnya saya pke kartu sim apa ya? Saat ini pke Loop di Q5’nya krn buat sms banking pke nomor Loop tsb. Makasih sblumnya, Kang…

    • kalau tadinya sudah menggunakan kartu telkomsel, ya pake itu saja. Kalau dari kualitas, menurut saya sih XL. Cuma tergantung lokasi juga.

  7. kang , kira2 hp 4G apa yg bagus tapi ga mahal maklum karyawati…
    minat ke 4G XL tadinya minat ke HP xiaomi lazada tapi kok harus pake simcard tertentu… beli xiaomi lazada sama beli xiaomi di oke shop beda support simcard katanya apa bener kang ?

    • Setahu saya Xiaomi tidak dibundling dengan operator tertentu deh. Tapi memang perlu dilihat freq 4Gyang disupport hp-nya. Telkomsel dan Indosat ada di beberapa tempat saya baca masih menggunakan freq 900Mhz walaupun akan beralih ke 1800. Xiaomi sepertinya tdk support yang 900Mhz.

  8. Bang update desember belum ya? .. Saya ini rencana mau beli hp 4g . rumah saya di sarijadi (belakangnya pasar cibogo) . entar mau beli indosat oredoo , tsel atou XL ya ? Yang bagus di daerah saya itu kira” apa ya ??

    • Barusan saya coba. Paling kenceng untuk download di 4G adalah Telkomsel (29 Mbps), disusul XL (13 Mbps) dan terakhir Indosat (7Mbps). Walaupun Sarimadu dekat dengan saya, tapi saya pindah kamar saja kecepatan bisa beda. Jadi nggak jamin sama urutannya ya hehe.

  9. Pak. Kemarin saya tukar kartu simpati saya ke 4g lte. Tapi secara online. Kartu ini jadinya paskabayar atau biasa kaya kartu sebelumnya ya ?
    Mohon pencerahannya. Maklum mahasiswa kosan hehe

    • Simpati punya saya tetap prabayar kok. Cuma hati2 4G jadi bikin boros kuota, saya dulu sering bablas dan makan pulsa, perlu diset batasnya.

  10. kartu yang sudah di tukar. jika tidak terpakai sebulan lebih. ada tagihan nya tidak om ?

    • Ya seperti sebelumnya saja. Dari semua sisi (tagihan, pulsa, masa aktif) sama persis, cuma beda kecepatan saja. Hampir semua paket internet juga tetap sama, kecuali ada beberapa paket yang khusus untuk 4G.

  11. , kang mau nanya ni kan kartu saya belum 4g qlo mau di upgrade nanti paketan internet saya hilang gak ya?
    terima kasih,,

  12. Om cara biar kuota 4g nya kepake di hp zenfone 4 gmn ya? Sy cek gk pernah berkurang kuota 4g nya.. apa emg hp nya yg gk supp 4g?

    Ohya, td itu yg upgrade” mksdnya upgrade apa? Simcardnya? Mksdnya gmn tu?

    • Zenfone 4 memang cuma bisa 3G. Upgrade = tukar sim cardnya. Jadi untuk terhubung dengan 4G ada 3 syarat: SIM cardnya sudah ditukar ke 4G, HP-nya sudah mendukung 4G dan lokasinya sudah tercover 4G. Kurang satu saja tidak bisa 🙂

  13. Pak saya mau nanya kan saya pengguna xl 4G dan saya beli paket nya 99rb 4Gb untuk 2G/3G/4G + bonus 4Gb untuk 4G .. Tetapi kalau koutanya yang 4Gb untuk 2G/3G/4G habis ,boonus yang 4gb untuk 4G ngk bisa digunain 😣

    • Aneh, setahu saya yang digunakan adalah bonus dulu baru kuota utama. Yakin sudah menggunakan 4G? Coba set HP nya agar dipaksa terus ke 4G. Kalau android dengan menekan *#*#4636#*#* –> Phone Information –> scroll kebawah, Set Preferred Net Type diisi 4G (kalau ada merk yg tidak bisa, coba googling caranya). Kalau sudah terhubung 4G di icon segitiga di kanan atas ada tulisan “LTE”, kalau tulisannya masih “H” atau “3G”, berarti belum. Kuota bonus 4G XL memang tidak bisa digunakan di 3G/2G, akan hangus begitu saja tiap bulan.

  14. Bang saya mau tanya , kalo kita mau ke koneksi 4g itu harus pake paket khusus 4g atou paket biasa yang saya beli bisa dipake di 4g ? .. Sekalian bang harga paket 4g di telkomsel kira” brpan ya ?

    1lagi nih bang , kan hp saya eevercros y ultra,ga support 4g.trus diatasbilang simcard harua diupgrade ke 4g walaupun ga suport hpnya,emang bener bisa nambah spees internet di 3g ?

    • Kalau tidak disebutkan, artinya bisa digunakan di 2G,3G, 4G. Tapi kalau disebutkan eksplisit 4G, artinya ini hanya dapat digunakan di 4G. Paket telkomsel menurut saya yang paling memusingkan, banyak pilihan, berubah terus dan harganya beda tergantung lokasi. Lebih baik lihat saja dengan menu *363# 🙂

      Mengenai HP 3G diisi dengan sim card 4G: tidak ada jaminan lebih cepat karena jelas mentok di 3G. Tapi tidak ada ruginya kan tukar ke 4G? Saya pribadi merasa lebih cepat, tapi itu cuma perasaan saja ya 🙂

  15. Bang, kalo mau maketin paket 4g tapi simcard belum diupgrade ke 4g ga bisabya ? Walaupun hp support 4g. ?

    Cara cek simcard dah bisa 4g atou 3g gimana caranya ?

    • Simcard belum diupgrade tdk akan bisa terhubung dengan 4G. Untuk mengeceknya, untuk Telkomsel dan Indosat ada tulisan 4G di simcardnya (lihat foto paling awal di posting ini). Untuk XL tidak tahu ya, mungkin harus dicek dengan langsung dengan HP di lokasi yang ada 4G-nya.

  16. Min, hp saya asus zen 2 udh support 4g, kemarin saya beli kartu kuota 4g indosat. Dan sekarang sudah habis, untuk tambah kuota tinggal isi pulsa lalu aktifin paket lagi atau gimana?

    • Ya betul, kalau saya paket bulanan. Lalu kalau habis di tengah bulan ditambah paket extra.

  17. Bang, hp saya galaxy note 5.. saya tinggal di cibeureum (perbatasan bandung-cimahi) saya bingung nih mau milih indosat/xl/telkomsel.. soalnya di perbatasan nih.. kira2 yg 4G paling cepat apa yah.. mohon bantuannya.. makasih pisann

    • Cibeureum yang selatan bandara? kalau lihat dari peta jangkauan telkomsel dan XL sepertinya hanya sampai kisaran sekitar jalan sukarno hatta. Indosat yang mencover penuh, tapi tetap perlu dicoba sih.

  18. bang kan kalau mau dapat bonus 4g 10gb indosat itu harus daftar paket internet kan.. nah masa berlaku bonus nya itu 30hari… kalau saya daftar kan dengan paket mingguan apa berlaku nya tetap 30 hari atau seminggu langsung hangus?

    • wah saya belum pernah coba paket mingguan, jadi tidak tahu jawabannya. Soalnya waktu saya dapat bonus 10GB juga tidak otomatis setelah perpanjangan paket (saya berlangganan paket bulanan), tapi tiba2 dapat SMS.

  19. kang, untuk indosat paketnya itu kepotong sama kouta wifi atau ngga? soalnya untuk 3g atau kuota wifi di paketannya, sementara lokasi wifi indosat gak disemua tempat ada.

    • Betul, ada wifi 1.5GB. Belum lagi ada yang hanya dapat digunakan tengah malam. Jadi perlu hati-hati dan lihat rinciannya.

  20. Bang, saya pake paket xl hotrod 4G yg bonus 4gb di 4G, harusnya kan di total jadi 8 gb tp kok kayaknya cepat sekali ya habis kuota nya… Apa mempengaruhi jumlah kuta yg tersedot ya kalau pake sinyal 4G????beda sekli dulu sebelum 4g pakai yang 3gb saja lama betul habis kuotanya… Mahal banget sebulan bisa 2x beli paket huhu…

    • Wajar saja, dengan kecepatan 20Mbps, 1 GB bisa habis dalam 10 menitan jika full digunakan (misal untuk download), jadi 8GB bisa habis hanya dalam 1.5 jam saja. Saran saya, jangan gunakan untuk hotspot karena Windows sering mendownload update secara otomatis. Aplikasi seperti dropbox juga boros data. Lalu kalau menggunakan Android bisa dilihat berapa banyak setiap aplikasi menghabiskan kuota (Setting -> Data Usage). Beberapa app mendownload dibackground (tidak sedang dibuka pun dia mendownload), block app ini supaya tdk mendownload di-background dengan cara: di data usage, tap nama app lalu enable “Restrict app background data”.

    • Setahu saya nggak ada satupun yang unlimited. Kalaupun ada yang unlimited tetap punya batasan (FUP: Fair Usage Policy) yang jika terlewati maka kecepatan akan dikurangi abis-abisan.

      • Oh , xl , indosat juga ga ada ya ? Tapi smartfren yang di iklan tv yang paket unlimited 4g , 75rb ga tau brp minggu/bln, itu tetep punya fup nya?

        • Wah baru baca, makasih infonya. keren tuh, ternyata memang tanpa FUP walaupun harus beli andromax supaya dpt yg 75rb. Cuma ada kata2: … Smartfren akan melakukan monitoring penggunan paket ini untuk memastikan tidak ada penyalahgunaan layanan” . Tapi ini memang paket menarik. Update: cuma sampai April 2016, nggak jadi menarik lagi hehe.

          • Bang, koneksi sinyal 4g di sarimadu untuk smartfreen ,..rencana mau beli andromax Ec . tapi ga tau gimana kekuatan smartfren di sarimadu tolong infonya bang ..

            Sekalian bang saya baca paket unlimitied di 4g itu cuman sampe maret atou mai lupa saya .. Itu bener atou hoax ya bang ??

          • Saya belum pernah menggunakan Smartfren. Dari kakak saya yang diblok 16, katanya sih bagus. Tapi tetap saja beda lokasi walaupun dekat bisa beda kualitas. Kalau bisa sih pinjam dulu punya teman/saudara, takutnya karena CDMA tidak bisa digunakan untuk operator yang lain. Memang HP Andromax bisa dual GSM/CDMA, tapi dari internet cara pindahnya kok harus lewat app khusus, tidak lewat menu Setting Android.

            Mengenai unlimted 4G smartfren, memang di website resminya ada tulisan itu promo sampai April 2016 http://www.smartfren.com/id/promo-true-unlimited-jam-harian-dan-mingguan

  21. Bang bagaimana cara nya mengecek hp yang sudah bisa 4G? Walaupun kartu sim Blom 4G.. tolong saran….

  22. nice info 👍
    gan, kalo paket indosat yg double kuota (ada M,L,XL,XXL) itu kan kuotanya dapet dobel, misal XXL 10gb + 10gb 4g nah itu yg 10gb 4g syarat biar bisa pake gimana ya? harus sim diupgrade ke 4g? harus gadget yg support 4g? daerah terjangkau 4g?
    trus kalo sim dan device cuma support 3g ga bisa pake bonus yg 4g itu dong? itungannya rugi 200rb cuma dapet 10gb 🙁

    • Ya syaratnya spt itu kalau mau pake kuota khusus 4G. Kalau tidak punya 4G lebih baik beli paket super internet yang biasa, 200 rb dapat 13.5GB yg terdiri atas: 8.5GB kuota utama, 4GB kuota tengah malem, 1GB jam 9-5 (superwifi yg 7GB tdk saya hitung, cuma untuk markup kuota dan jarang bisa dipake). Saya tdk tahu apakah yg double kuota ini masuk kuota superwifi juga yang umumnya merugikan.

      • Terimakasih pak admin informasi mengenai 4G Indosat..

        Tadi disebutkan dalam artikel diatas kalau kerugian 4G “kuota cepat habis”, Lalu yg ingin saya tanyakan bagaimana ya tuk penggunaan 4G dengan speed nya yg cepat itu, supaya lebih irit penggunaan kuotanya..

        Harus tidak sering menyalakan data kah ?

        • Kalau digunakan sebagai hotspot untuk laptop, matikan semua autoupdate di laptop. Lalu set cellular data limit (Setting -> Data Usage), jadi kalau lewat batas tertentu ada peringatan dan bahkan distop internetnya (nggak bablas). Lalu kalau sering nonton youtube dan HP-nya support HD, batasi agar tidak menggunakan HD (Setting -> General -> Limit mobile data usage)

  23. Kang, terimakasih infonya sangat bermanfaat. Untuk penggunaan kartu internet 4G apakah hanya bisa digunakan pada handphone yang tersedia 4G saja, atau bisa digunakan pada modem unlock? Apakah untuk modem unlock merk Telkomsel Flash bisa digunakan kartu 4G?

  24. Assalamu’alaikum,wrwb
    Kang Admin, kenapa kuota 4G simpati flash tidak terpakai, kalau berselancar selalu yang terpakai kuota flash biasa.. nuhun..

    Wassalamu’alaikum

    • Kalau sim cardnya sdh 4g, hpnya bisa 4g dan lokasi 4gnya bagus ya otomatis nyambung ke 4g.

  25. mungkin karena lokasinya yang belum bagus sinyal 4Gnya, kalau kuota flash biasa sudah habis, apakah kuota 4Gnya dapat digunakan secara otomatis ? walaupun sinyal 4Gnya tidak bagus.

    terimakasih infonya.

    Salam,

    • Lihat saja, kalau icon koneksinya ada tulisan 4G/LTE baru dia akan menggunakan kuota 4G. Tapi kalau tulisannya 3G/H/EDGE dia akan menggunakan kuota biasa. Kalau kuota khusus 4G tidak akan dapat digunakan selain dengan koneksi 4G setahu saya.

      Bisa juga HP-nya “dipaksa” agar menggunakan koneksi 4G. Tapi resikonya akan sangat boros batere jika sinyal 4G lemah atau malah lebih lambat daripada 3G. Beberapa HP bisa dengan cara *#*#4636#*#* –> Phone Information.

  26. ini saya baru beli perdana xl 4G LTE dengan pulsa yg ada di perdana baru cuma 3.000, karena melihat menu di XL 4G cukup membuat saya tergiur dan karena pulsa di kartu Axis ada banyak maka saya transfer pulsa 30ribu
    dan setelah itu saya memilih paketan di perdana baru XL 4G LTE dengan pakai Hotrod XTRA 4G 2Gb 30ribu
    nah setelah paketan sudah aktif melalui hp, saya coba connetsikan ke laptop dengan menggunakan modem 3G akan tetapi cma muncul sinyal tidak dapat connect

    mungkin bisa di bantu kesalahanya dimna [ sayang paketanya heeh ]

    terima kasih

    • wah belum pernah coba dengan modem. Setahu saya kalau di HP bisa harusnya di modem bisa. Paling HP-nya saja dijadikan hotspot.

    • Hi gan,

      saya memiiki maalah yang sama, cuma operator yang saya gunakan itu indosat.. Signal muncul namun pada saat connect mengunakan modem tidak bisa… bukan cuma modem, saya mencoba mengunakan mifi juga kgk bisa..

      anehnya, pada saat saya mengunakan smartphone android maupun blackberry bisa connect kencang…

      aneh…

  27. “Kerugiannya mungkin cuma satu: kuota cepat habis.”
    Belum paham dengan kalimat ini… kalau pendapat saya sama aja, hanya akses lebih cepat.

    • analoginya kita punya bak berisi air. Bak itu disedot dengan selang ukuran kecil vs selang ukuran besar. Volume baknya sama, tapi akan cepat habis kalau menggunakan selang ukuran besar kan? (dengan asumsi disedot maksimal). Masalahnya kalau kita jadikan koneksi 4G ini untuk tethering (hotspot), saat android atau laptop dalam mode wifi, mereka berasumsi bahwa kita menggunakan internet non quota dan akan menyedot maksimal. Nonton youtube HD di HP yang support HD juga akan otomatis jadi HD kalau kecepatannya cukup, lagi-lagi ini akan lebih boros. Saya sendiri juga merasakan pola browsing jadi berubah menggunakan internet cepat, lebih banyak yang dibaca/ditonton.

  28. Mas , hape saya samsung E5 .
    bisa untuk pakai kartu kouta 4G ? atau hanya sia2 ?
    ex. indosat bonus 10gb untk 4G dpakai dhape saya akan hangus atau bagaimana ?
    makasi

    • XL, Indosat, Telkomsel sudah ada 4G disana, jadi mending coba-coba saja (beli prabayar) untuk mencari yang paling optimal dari sisi kecepatan dan harga. Soalnya kadang bergantung posisi tower dan rumah2 tetangga. Rumah tetangga yang >2 lantai ya sering menggangu sinyal.

  29. Mas admin ini kan saya udah upgrade ke 4G LTE (device saya iphone 5), tapi kenapa tanda “3G” bukannya keganti jadi “4G”.

    • iPhone 5 nggak support 4G di freq 900. Mungkin ini penyebabnya. Masih ada operator yang menggunakan freq 900 di beberapa wilayah walaupun katanya nanti pindah ke 1800 semua.

  30. kang kalu modemnya modem wifi 4G, apa Hpnya juga harus yg sudah suport 4G.
    Kalu hpnya masih 3G bisa nangkap sinyalnya tidak?

    • Modem Wifi 4G yang wifinya dapat diakses HP? Kalau itu bisa. Artinya HP 3G kita pake Wifi-nya.

      • Permisi mas, saya tertarik dengan artikel anda mengenai pembahasan simcard 4G, ada kontak fesbuk ga? Supaya nanyanya lebih gampang. Kalau ga ada juga gapp

  31. Kang, mau tanya, hp saya xperia m4 aqua, masih pake kartu tri, mau beralih ke salah satu provider diatas, tp bingung 4G yg mana yg stabil didaerah depok ?

    Dan apakah ketiga provider diatas untuk paket 4G nya mengangkses 24jam ?

    • pertama lihat peta jangkauan 4G untuk wilayah anda. Sisanya untung2an sih, tergantung posisi tower dan gedung2 disekitar rumah. Paling aman telkomsel, tapi mahal. Tapi XL saya coba dimana2 juga sekarang bagus.

  32. Terima kasih kang, saya udah coba pake XL 4GLTE, barusan coba download app di playstore dgn size 5mb cukup dgn 3detik, cukup memuaskan, tepatnya saya didepok kelapa 2 UI, mbps nya cukup tinggi kayaknya, cuma bar signal nya memang gak full,

    Kalo bar signal gak full itu mempengaruhi kecepatan gak kang ?

    • 5Mb/3detik berarti sekitar 13Mbps, cukup bagus. Pengalaman saya, kecuali tinggal 1 bar, nggak ada masalah. Mungkin baterenya yg akan cepat habis.

  33. Min saya mau beli hp nih…. Bagusan Lenovo A7000 Special Edition atau Asus Zenfone 2 ZE550ml? (tapi bukan yang Laser) harganya sama di Lazada.. saya ngincerin 4G nya nih XD

    • Coba cek lagi deh, Asus yang belakangnya ML hanya satu slot simcard yang support 4G, satunya lagi cuma 2G. Cari yang belakangnya KL .

  34. Ane baru ganti ke 4g Tsel halo minggu lalu. Minggu pertama ganti speed 20mbps++, namun akhir2 ini speed turun sampai cuma 0.01 mbps!! , hp ane nexus5. Anehnya temen ane sama2 4g tsel speednya 13mbps++. Hp dia xiaomi. Apakah ini gara2 device nya atau dr pihak telkomsel ada problem?. Padahal kuota masih banyak. Ini sungguh merugikan saya

    • Coba SIM card-nya dipindahkan ke device teman anda. Jadi ketahuan masalahnya di telkom atau di HP.

  35. Bang admin,saya mau tanya nie, hape saya sudah suport 4G tp daerah saya blm dpt jaringan 4G kalau saya paket kan yang 4G apakah berkurang paketnya di jaringan 3G? ( penguna Telkomsel di daerah Bogor timur)

    Mohon maaf yah kalau kata kata nya membingungkan.. 🙂

  36. Gan semua indosat ooredoo udah support 4g kan? Masalahnya hp ane udah support 4g tapi setiap saya setting jadi 4g malah jadi “no service” tolong dibantu gan
    Makasih

      • Sama gan saya juga punya kendala seperti itu, pake kartu im3 Indosat Ooredoo

        HP supporter 4G, kartu 4G, lokasi Jakarta pusat, paket 4G, prioritas sudah pilih jaringan (Prioritas LTE)

        Tapi sinyal yg muncul di notifikasi (Indosat Ooredoo 3G dan H+)
        Terus paket 4G saya jadi tidak terpakai

  37. Kang,saya pake modem bolt unlock all gsm,sudah 4G juga. Saya pake indosat ooredoo,tapi ko ga dapet sinyal 4G ya? Apa harus di seting dulu di hp,hp saya masih 3G. Atau daerah saya di gempolsari cijerah belom ada sinyal 4G.

    • Kayaknya beda frequency deh, dari Googling, Bolt di 2300 sedangkan indosat di 900 dan 1800.

      • Terus solusinya gimana kang? Apakah tetep ga akan dapet sinyal 4G? Klo xl di frekuensi berapa? Mungkin ada kartu yg sama mifi bolt.

        • xl, indosat dan telkomsel semua di 900 dan 1800 jadi kayaknya nggak bisa juga.

          Tapi pastikan dulu freq modemnya, saya baca ada juga yg bisa tuh seperti mifi Bolt Slim 2.

  38. mas mau nanya, saya beli kartu xl 4g lte karena tempat saya tercover sinyal 4g xl tapi modem saya gak support 4g. Itu gimana ya cara buat pakeknya dengan modem saya? soalnya tadi udah dicoba connect malah disconnect sendiri. Pas dicoba pake sinyal edge bisa connect tapi lelet. Solusinya donk mas. Makasih

  39. Ass’wb’wr, kalo pengalaman ane di lokasi Surabaya sampai Sidoarjo? Telkomsel 4G LTE bisa Tembus Smpai Unduh : 52.42Mbps & Unggah 17.86Mbps / dibagi Kecepatan :8: Unduh : 6552.4kb/s & Unggah : 2232.2kb/s 3/4bar ? Kalo Rata” paling rendah ( Sinyal’nya 2Bar Unggah : 6122.8kb/s dan Unduh : 2038kb/s
    (Ping : 37ms)

    Kalo menggunakan jaringan 3G :
    Unduh : 29.70Mbps & Unggah : 21.82Mbps / dibagi kecepatan :8: Unduh : 3712.8kb/s & Unggah : 2727.8 ( Ping 39ms) ini pun Sinyal’nya 3/4Bar ?

    Ini pengalaman ane di lokasi Tersebut Saya menggunakan Smartphone IOS ( iPhone 5S)

  40. Bang saya mau tanya, hp dan kartu xl saya sudah support 4G, tetapi wilayah saya belum support (masih 3G). Kemarin saya baru beli paketan xl 4G, kira” yang 4Gnya bisa di gunakan atau tidak?

  41. Menurut pandangan anda tarif operator yg menyediakan paket 4g justru lebih murah dibanding dengan paket 3g. Apakah kedepan tarif 4g akan stabil di kisaran tersebut atau malah akan naik drastis diiringi dengan banyaknya area yg sudah tercover

    • bukan orang telco 🙂 Tapi menurut saya harga itu lebih ditentukan pada kebijakan pemerintah dan mekanisme pasar. Ingat kasus kartel SMS? Biaya SMS itu sebenarnya sangat sangat rendah, tapi para operator sepakat untuk menjualnya sangat mahal. Selama pemerintah bisa menjaga ini tidak terjadi dan dapat menjadi wasit yg baik agar persaingan antara operator adil, harusnya harga akan terus turun.

  42. Pak kan sekarang xl 4G bisa upgrade sendiri tanpa ke xl centre terus paket sm pls dikartu kita yg lama bisa otomatis dipake dikartu xl yg 4G atau hilang gitu aja?

    • Dari yang saya baca, pake kartu baru tapi tetap bisa menggunakan nomor lama. Coba baca deh petunjuknya, jadi minta PIN dengan kartu lama, lalu masukan kartu baru masukan pin tersebut, otomatis kartu baru jadi menggunakan nomor lama.

  43. Kang saya mau nanya, hp saya udah support 4g(zenfone selfie), kartunya juga udah diganti ke 4g. Kartu saya simpati. Saya juga udah aktifin sinyal 4gnya, nah trus saya dpt bonus gitu, bonus 4g 5gb sama wifi 2gb. Kemaren saya aktifin data pake sinyal 4g udah jalan trus sinyal 4g balik ke 3g sama h+ juga. Saya matiin paket datanya, eh gataunya pulsa saya ditarik sampe 9ribuan. Pertanyaan saya, kalo pake 4g trus sinyalnya balik ke 3g/h+ berarti paje tarif normal ya kang? Thanks kang

    • Tergantung paketnya. Seperti XL, ada yg khusus 4G ada juga yang 3G/4G. Mungkin yg anda pakai yg khusus 4G jadi saat pindah ke 3G, langsung nggak kepake dan karena untuk 3G tdk ada paket yg aktif akhirnya pulsa yg kesedot.

  44. Kang mau tanya, hp dan simcard indosat saya 4g wilayah saya jg mendukung jd saya selalu menggunakan paket data 4g, tetapi saya mau liburan ketempat yg sepertinya susah sinyal 4g takutnya malah kuotanya jadi ga guna.
    Apakah bisa saya mengaktifkan paket data 3g di hp dan simcard 4g? Berpengaruh ga nantinya jika mau balik ke paket 4g lagi?

  45. Saya menggunakan Im3(indosat).. Pas coba daerah bandung memang dapat jarigan 4g.. Tapi sampe rumah ga dapet jaringan 4g malah cuman H/H+ signalnya😭 jadi sering ga terhubung ke jaringan😢..
    “Jadi aku mau tanya min, buat daerah Bandung,Padalarang biar dapet signal 4G pake kartu apa?😢” soalnya sebel ini yg indosat kuota 4g sama 2g/3g dipisahin🙇 kuota yg 2g/3gnya cuman sisa 200mb dan yg 4g ga kenal signalnya itu 9Gb😭😭 kan ga kepake itu jadi sedihlah😟..
    Tolong dijawab

    • Menurut saya, Indosat memang paling lemah dari sisi jaringan. Lebih baik coba Telkomsel dan XL.

  46. kang.. ane beli 4g simpati , sinyal udah 4g tapi yg berkurang paket local datanya bukan flash 4gnya.. gmn cara ganti ke yg flash 4gnya

    • Coba HP-nya diset agar hanya menggunakan 4G (tiap HP beda, googling saja). Cuma kalau diset seperti ini, saat tidak ada sinyal 4G ya internetnya putus karena tidak otomatis pindah ke 3G/2G.

  47. Gan bedanya oredo ama yg bukan gimana?? waktu mudik cuma dapat 4G indosat tampa oredo (jadi hh ga bisa nangkap).. klo dijakarta dapat oredo (walau sinyal senen kemis)….

  48. Mau tanya, saya beli kartu xl 4g & langsung saya paketin yang 100rb 6gb/bulan, lalu saya upgrade kartu xl saya yg msih 3g ke kartu 4g yg baru saya beli itu, kemudian berhasil, tapi paket internet di kartu xl 4g yg sudah saya beli itu kok jadi ilang yah, alias tidak ikut pindah, hanya pulsa & paket internet 3g yg sebelum upgrade aja yg pindah?? Apa memang paket internet 4g tersebut pasti ilang krna dipaketin sebelum upgrade, atau bisa dipindahkan dengan cara lain?? Mohon pencerahannya yah. Terima kasih

    • wah sepertinya memang ditimpa yg 3G. Dugaan saya sistemnya belum bisa menggabungkan dua paket seperti itu. Coba kontak cs XL,misal di Twitter atau FB atau datangi cabang XL. Mudah2an bisa kembali paketnya.

  49. Mas mau tanya kartu yg sdh suport lte cat 6 kartu apa ya biar download sampe 300 Mbps kaya yg diberita, terus hape yg cat 6 hape apa yg harga nya murah, sy posisi di depok

  50. Kang, saya mau nanya.
    Apakah tidak apa jika saya mengisi paket internet bukan 4G meskipun hp dan krtunya sudah 4G?
    Apakah itu akan berpengaruh pada penggunaan paket yang jika ada paket 4Gnya akan hangus?
    Mohon penjelasannya.

  51. Hape saya kan glaxy j2.. 4g..nah saya pke krtu lama 3g..saya pke telkomsel sudah 3 thn..pertanyaan saya klo diubah ke 4g kira kira paketan murah nya hilang gak? (Jd sy semenjak langganan telkomsel sy mendpt paketan 30rb 4 3gb)

    • Ganti aja ke GraPARI terdekat, untuk paket tetep seperti yg dulu gak ada perubahan malah dapat bonus kuota 4G 10GB. BTW paket saya juga sama yg 8GB aja cuma 50rb/Bulan di semua jaringan. FYI

  52. Gan gwa kan beli kartu 4g 10 gb

    Tpi pas di rumah sinyal nya cuma kok cuma dapet 1 batang, pdhl simpati

    Oh iya kalo mau ngecek lokasi yg udh dpt sinyal 4g dmana?

  53. Keren dah webnya 😀
    Setelah saya scrol” kolom komentar semuanya di bales sama adminya 😂😂, jd gak ngerasa di kacangin gt komentatornya.
    Moga” ini jg di bales 😂😂

  54. Kang,paket telkomsel flash yang irit dan cepat apa ya kanh.kemarrin kemarin pake ooredo tapi jaringan masalah terus.pencerahhaan kang..

    • Paketnya berubah2 terus, mending dicoba satu-satu opsinya (*363#) untuk ngelihat paket yang paling murah. Bagi kuota dengan rupiahnya, ketahuan nanti yg paling murah.

  55. Saya mau tny saya udah pke paketan 4G telkomsel tp knp ya pulsa saya ttp aj ksedot trus,pdhl jaringan jg udh di LTE/3G/2G (sambungan otomatis).wilayah jg udh 4G,mohon bantuan jwbn’a

    • Udah dicek paketnya aktif? pernah juga saya spt itu, ternyat saat menunggu paketnya aktif malah pulsa yg kesedot.

  56. Mau nanya nih mas cz baru make 4g, tadi barusan beli kuota xl 4g yg 12gb (2gb 3g, 10gb 4g) pas sampe rumah baru inget klo kartu nya kartu lama dari jadul belum 4g tp klo cek paket, paketny lengkap itu gimana y
    Takutny yg 10gb 4g ga kepake, makasihh😊

    • Setahu saya nggak kepake paketnya kalau nggak 4G. Kecuali kalau paketnya tertulis 3G/4G. Mending secepatnya diupgrade.

  57. Mas, Rencananya saya mau ganti provider Xl (biar dpt koneksi 4G), tapi saya masih ragu dan yg bikin saya ragu itu apa semua Area Depok telah mensupport koneksi jaringan 4G

    Ctt : saya tinggalnya di Depok, jawa barat. Bukan Depok jawa tengah. Hahaha

    Buat Ladies and gentleman Depok, mohon infonya kalau ada yg tau 4G dah support di area Grand Depok City ( komplek rumahnya Walikota depok).

    Thanks

  58. kang admin knp kuota Ekstra data 4G tidak berkurang justru flash4G local dan Flash yg terpakai, padahal jaringannya sudah 4G..? kapan Ekstra Data 4G bias terpakai..?
    Makasih

  59. beberapa bulan terakhir 4g xl lemot parah,pertama kali gunain mang bisa sampe 20mbps lewat aplikasi yg kenyataan nya buat download file sekitar 1-3mbps daerah jakarta timur (lumayan kenceng)….sekarang?????masih mendingan mode 3g nya download bisa sampe 250kbps – 1mbps,,, 4g nya masa cuma 5kbps-130kbps (klo siang, malam kadang mentok di 1mbps)…wkwkwkwk ini 4g apa edge????(dulu lumayan sekarang lumanyun)…apa karena axis juga udah masuk ke 4g???tetep pakai xl krn paketannya yg murah 12gb cm 59rb klo naik siap2 cari yg lebih murah dan cepet,,,hehehe

    • Ya memang, XL sekarang melambat (kapan2 mau saya test lagi). Tapi pengalaman saya masih lebih cepat daripada Indosat, jadi masih saya gunakan 🙂

  60. apa yg di maksud dengan 4g plus internet 9gb.dan bagaimana agar saya mengetahui bahwa kartu indosat yg saya pakai itu 3g

    • Maaf tidak tahu juga, pake sekarang memang membingungkan. Lebih baik ditanyakan langsung saja ke pihak operatornya.

  61. kang punten,
    saya baru mau pindah ke bandung.
    saya kerja daerah dipatiukur dan tinggal di daerah rancamanik.
    kira2 buat internetan bagus nya pakai apa?
    saya pakai ketiga provider tsb, kebetulan hh sdh support 4G jg.
    saran dong kang, kira2 hemat nya pakai apa ya kang?
    Dan pgn tau jg akang pakai provider apa dan paket yg mana.
    Makasih kang..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.