Pengalaman Menggunakan Netflix Indonesia

Update Nov 16: Akhirnya Netflix menyediakan fasilitas download sehingga film dapat diputar offline ūüôā Ini bermanfaat untuk menonton film di pesawat misalnya. Tapi bagi saya yang menggunakan Indihome yang memblok Netflix,¬†saya bisa download film menggunakan koneksi lain, lalu bisa ditonton saat di rumah. (Jika membuka Netflix dengan Indihome langsung masuk ke mode offline). Manfaat lain, nonton film tidak lagi patah-patah atau terputus di tengah jalan. Dan sekarang Netflix dapat ditonton berdua secara bersamaan walaupun hanya ¬†menggunakan paket satu orang ūüôā ¬†Satu nonton dengan offline, yang lain online. Tapi¬†seperti halnya Youtube, tidak semua film dapat di-download. Kalau kita mendonwload dengan VPN film luar wilayah Indonesia via VPN, saat dibuka dengan koneksi Indihome maka akan keluar pesan tidak bisa ditonton, jadi harus benar-bener koneksi internet diputuskan.

Update Okt 16:  Netflix sekarang relatif lancar dengan VPNGate, cuma jarang bisa mendapat lokasi Amerika. Paling sering Jepang. Tapi semakin lama pilihan film-nya juga tidak jauh berbeda kok antara US dengan wilayah lain. Cuma kalau wilayah Jepang, subtitlenya seringkali tidak ada yang bahasa Inggris, hanya bahasa Jepang. Kalau bisa cari yang Eropa atau Kanada. Sedangkan untuk streaming ke TV dengan Chromecast, saya menggunakan koneksi XL yang tidak memblok Netflix (tidak seperti Telkom!). Untuk satu film 2 jam kira-kira menghabiskan 1GB (saya punya kuota 12GB/bulan).  Pilihan film wilayah Indonesia kira-kira sama dengan Jepanglah.

Update Juni 16: ¬†Berhasil menggunakan VPNgate+DnsCrypt¬†tapi untuk wilayah kanada. Wilayah Amerika biasanya servernya penuh. VPNGate adalah proyek penelitian sebuah Univ di Jepang, dan server VPN-nya merupakan sumbangan. Jadi ketersediaan dan kecepatan servernya akan berubah-ubah dan harus dipilih secara manual.¬†Sedangkan untuk Android, CloudVPN masih bisa digunakan,¬†tapi¬†hanya untuk¬†wilayah¬†Inggris (tapi ya itu pilihan filmnya jadi terbatas). ¬†Karena¬†update¬†sistem blokir VPN, hampir semua bertumbangan termasuk ShibeFlix (belakangan pembuat ShibeFlix memposting bahwa dia angkat tangan). ¬†Saya juga mencoba DNSCyrpt dan walaupun bisa masuk, saat menonton tetap error. Sepertinya Telkom memblok langsung (bukan via DNS).¬†Alternatif Netflix: ¬†App Kodi+plugin Exodus+trakt.tv. ¬†Memang¬†lebih ribet, tapi keuntungannya bisa memilih subtitle bahasa Indonesia dan dapat dicasting ke TV via chromecast. Kalau mau “legal” (atau tepatnya lebih tenang di hati hehe), pilih hanya film yang ada di Netflix atau film yang memang legal didistribusikan.

Update April 16:¬†Update: Shibeflix sudah tutup — ¬† Untuk Android, CloudVPN wilayah US seringkali gagal, kadang harus 5 kali coba baru berhasil, kalaupun ¬†berhasil kadang lambat sekali. ¬†Akhirnya saya downgrade Netflix kembali jadi satu screen saja karena istri masih menggunakan.

Update 29 Feb: Netflix mulai serius memblok VPN. BetterNet, CloudVPN yang tadinya bisa, sekarang¬†tidak dapat digunakan. Siangnya VPN ¬†di server DigitalOcean saya juga kena¬†ūüôĀ ¬† Dari berbagai sumber¬†VPN yang diblok adalah: ¬†Hola, BetterNet, CloudVPN,¬†Mediahint, Zenmate, AppVPN, ExpressVPN, Tunnelbear, Private Internet Access. ¬†Sekarang saya sedang mencoba-coba alternatif. Berikut¬†link yang mereview VPN yang katanya dapat menembus netflix:¬†http://www.vpn-providers.net/best-netflix-vpn-smartdns.php.¬†Karena Telkom menerapkan transparent DNS, solusi smart DNS seperti uFlix, Getflix tidak bisa digunakan. ¬†Lalu¬†Unotelly, ¬†AirVPN dan Vpngate yang punya¬†prospek bagus. Sebaiknya tunggu kira-kira 1-2 ¬†bulan¬†sampai jelas mana yang jalan atau tidak. ¬†TorGuard mungkin yang paling potensial, tapi perlu beli IP statik sehingga biayanya bisa mencapai sekitar $20 bulan (lebih dari Netflixnya sendiri). ¬†Ada yang bilang bisa menembus blokir Indihome dengan DnsCrypt, cuma ya hanya bisa mengakses katalog Indonesia yang sangat terbatas.¬†Update: ¬†CloudVPN dapat digunakan lagi walau kadang error, sedangkan Betternet setelah sempat bisa akhirnya tewas lagi. Update: link yang membahas vpn yang dapat digunakan (baca juga comment-nya):¬†http://www.lifehacker.com.au/2016/04/what-are-popular-vpn-services-doing-about-netflix-blocks/

Update 16 Feb: Setelah beberapa lama menggunakn VPN gratisan, akhirnya saya setup VPN sendiri dengan membuat VPS di DigitalOcean.¬†Dibandingkan beli layanan VPN lain, buat VPN via Digital Ocean sama murahnya ($5/bulan) plus dapat VPS berlokasi di US yang bisa digunakan untuk banyak hal (misal buat web server).¬†Setupnya juga sangat gampang, 5 menit beres, petunjuknya ada disini: http://paxinstruments.com/how-to-setup-a-vpn-in-china/¬†¬† ¬† ¬†Enaknya keamanan lebih terjamin dibandingkan VPN gratisan, lebih cepat terhubung, ¬†kecepatan stabil. ¬†Karena saya pilih VPS yang berlokasi di US, pilihan film jadi maksimal. Sayangnya kecepatannya drop ke 2Mbps-5Mbps. ¬† Saya yakin kalau membuat VPS yang berlokasi di Singapura akan dapat lebih cepat, sayangnya pilihan Netflix di Singapura juga terbatas ūüôĀ

Sedangkan untuk menshare koneksi VPN agar Netflix dapat digunakan di Chromecast dapat dibaca disini: https://www.expressvpn.com/support/vpn-setup/share-vpn-connection-windows-manual/   Saya sudah coba, laptop dihubungkan dengan router Indihome dengan kabel lalu jadikan laptop tersebut virtual router. Berhasil membuat access point, tapi saat VPN (Betternet) dinyalakan internet tidak dapat digunakan. Nanti saya coba dengan VPN sendiri.

Update: baca-baca Kaskus, ada yang menganti firmware router dengan ¬†firmware yang support DNScrypt. Tapi saya pribadi agak serem kalau sampai¬†ganti firmware ūüėź

Update 28 Jan: Netflix diblok Indihome ūüôĀ ¬† Menurut saya karena Telkom takut Netflix akan mengerogoti proyek TV kabel mereka (UseeTV). ¬†Tidak terlalu masalah karena saya biasanya memang menggunakan VPN, tapi blokir ini ¬†membuat Chromecast tidak dapat digunakan untuk Netflix (kecuali tambah router yang support VPN). Mengenai VPN, VPN di Android yang terbaik menurut saya adalah CloudVPN. Bisa memilih wilayah, iklannya sedikit, gratis dan cepat.

Update:¬†Upgrade ke 2 screens + HD. ¬†Soalnya ternyata istri suka sekali nonton ūüôā ¬†Saya dan anak kadang harus antri dulu hehe, jadi sepadan untuk tambah 30rb dan naik jadi 2 screens (dua orang dapat nonton bersamaan). ¬†Lagipula setelah menggunakan Netflix di¬†TV (via Chromecast), kualitas non-HD ternyata terlihat berbeda dengan HD. Sedangkan kalau menggunakan tablet atau HP sih tidak akan masalah menggunakan non HD.

 

chromecast_netflix

Keterangan foto: Casting Netflix ke TV dengan Chromecast

Sayangnya saat menggunakan Chromecast+netflix  ke TV,  di tengah film sering harus load (buffering). Ini bukan masalah koneksi internet Indihomenya karena saya buka Chromecast+Youtube lancar tidak ada masalah dengan kualitas HD. Mungkin karena saya berlanganan Netflix yang versi HD? Dugaan saya, koneksi Netflix masih belum maksimal untuk wilayah Indonesia, berbeda dengan Youtube yang sudah lama ada,  dan (mungkin) mendapat perlakuan khusus dari ISP karena banyak sekali pelanggan yang menggunakan.  Ini ditambah dukungan infrakstruktur raksasa Google sebagai pemilik Youtube.

–End Update

Pagi ini terbangun dan mendapat¬†email pemberitahuan bahwa Netflix sudah ada di Indonesia ūüôā Hore! ¬†Ternyata Netflix membuka hampir ke semua negara, tadinya 60 melonjak drastis¬†ke 130 negara.

Dengan Netflix kita membayar biaya tetap untuk streaming film/acara TV yang tidak terbatas. Film dapat ditonton di browser, HP/tablet, SmartTV XBOX, PS4 dan Chromecast. Memang beberapa judul tidak tersedia, terutama yang baru-baru, tapi tetap saja ini jadi alternatif bagus untuk menonton film legal.

Satu bulan pertama gratis (daftar tetap perlu kartu kredit, tapi jika batal sebelum satu bulan tidak bayar).  Ada tiga pilihan: 110rb, 140rb dan 170rb. Untuk yang termurah hanya dapat digunakan di satu screen, dan tidak mendukung HD. 140rb dapat menonton di 2 screen secara bersamaan dengan kualitas HD dan yang termahal (170rb) di 4 screen dengan Ultra HD. Setelah saya coba di TV dengan Chromecast, kualitas yang non HD sudah cukup kok. Cuma batasan satu screen sering buat tabrakan antara saya, istri dan anak hehe.

Cara mendaftarnya, isi email dan informasi kartu kredit. Lalu  profil pengguna, di profil ini kita bisa tambah profil anak, agar film dewasa tidak muncul pada pilihan anak. Dilanjutkan pilih 3 film untuk rekomendasi dan kita bisa mulai. Rekomendasi untuk tiap profil nantinya akan berbeda, ini bagus karena saya, istri dan anak punya minat yang beda untuk film. Netflix juga memperhatikan rating yang kita berikan, apa saja yang ditonton, apa yang ada di MyList untuk memberikan rekomendasi.

Saya baru coba nonton di browser dan HP,  belum ada subtitle bahasa Indonesia, tapi setidaknya ada subtitle bahasa Inggris (untuk tuna rungu, sehingga sangat detil).  Salah satu keluhan saya untuk Google Play Movie adalah ada beberapa film tidak memiliki subtitle bahasa Indonesia/Inggris.  Update: untuk subtitle bahasa Indonesia mungkin bisa ditambahkan menggunakan extension Chrome Super Netflix, cuma harus di PC/Mac dan menggunakan Chrome. Lalu harus cari manual file subtitle dan upload, tidak praktis.

Pilihan filmnya juga masih terbatas untuk wilayah Indonesia. Saat saya googling film terbaik yang ada di Netflix, ternyata 90% tidak tersedia di Netflix Indonesia. Ini juga terjadi di Google Play Movie sih, biasanya karena masalah lisensi film. Saya baca katanya mereka akan mengusahakan semua film tersedia global, tapi kurang yakin juga dalam waktu dekat. Update: Dengan VPN seperti Betternet, semua film jadi bisa diakses, cuma kadang lebih lambat untuk mulai. Lalu tetap saja tidak dapat menonton via Chromecast (karena Chromecast langsung terhubung dengan internet tanpa VPN). Perlu setup virtual router dulu yang menggunakan VPN?

Setelah coba app-nya, saya lebih suka interface Netflix ini daripada Google Play Movie, langsung bisa pilih dari rekomendasi atau berdasarkan genre. Genre juga lebih lengkap pilihannya, tersedia kategori seperti sci-fi sampai subkategori (fantasy sci-fi).   Saat menonton di HP tidak ada masalah dan lancar (mungkin karena menggunakan 4G?) Cuma kelemahannya dibandingkan Google Play Movie adalah tidak ada fasilitas download sehingga bisa menonton saat offline.

Posting ini akan saya update setelah saya coba-coba lebih dalam ūüôā

17 comments on “Pengalaman Menggunakan Netflix Indonesia

  1. Thanks buat reviewnya bro. Jadi kesimpulannya gimana, worth buat langganan gak untuk saat ini? Masalah koleksi film keknya minim bgt ya buat region Indonesia?

    Oya skalian tanya. Kualitas HDnya itu resolusi brapa ya bro? 720p atau 1080p? Dan kualitas audionya gimana, stereo saja atau udah support surround 5.1? Thanks gan

    • Dikombinasikan dengan VPN, sangat sepadan ūüôā Film seri yang ada juga bagus-bagus. Masalah HD, kalau dari Googling sih 1080p. Audio juga bagi saya nggak terlalu penting, tapi dari https://help.netflix.com/en/node/14163 memang Netflix sudah support 5.1 surround. Nanti lihat film yang ada kode 5.1 atau Dolby Digital Plus 5.1.

  2. Sayangnya saat ini netflix sudah tidak bisa menggunakan vpn, padahal vpn jadi salah satu solusi pada blokir indihome, namun saat ini sepertinya netflix sudah mencabut izin untuk penggunaan vpn tersebut. Baru kemaren saya perpanjang langganan netflix saya, dan sepertinya akan tidak terpakai selama satu bulan ini.

  3. Mas mau nanya dong, saya masih agak bingung dengan biaya tarif netflix.
    kan saya bulan januari lalu daftar netflix (niatnya cuma nyoba yg free one month aja), ehh saya kelupaan membatalkan langganannya, jadi udah lewat 2 hari dari batas free nya baru saya batalin.
    Nah itu berarti saya sudah kena bayar 100rb sekian ya?
    Kalau iya, berarti saya masih bisa nonton dari akun netflix saya gak? Terus kalau nonton film di netflix 100rb sekian itu sepuasnya ya, tidak ada batasan atau charge kelebihan film?

    *nb: balasnya kalau bisa di email saja ya, tidak usah di publish di website

    • Ada peringatan dari netflix via email tentang batas waktu, kalau belum dapat mungkin memang belum berakhir. Kalau sudah kelewat kemungkinan besar memang harus bayar dan mending digunakan untuk nonton saja sampai akhir bulan. Tidak ada batasan film di Netflix, unlimited sepuasnya.

      • Sudah dapat email dari netflix ttg batas waktunya. oo jadi lebih saya gunakana buat nonton aja daripada sia sia yaa

  4. mas mau tanya dong untuk vpn yg mas pakai apa yach agar netflix bisa di nonton region amerika
    utk expresvpn masih bisa tidak mas ?

    Thx,

    • Saya masih bisa dengan CloudVPN (Android), cuma kadang2 harus coba 1-3 kali baru berhasil.

  5. make betternet masih bisa kok, meskipun kadang2 diblok jg dan kecepatan jd ga stabil.
    buat di pc solusinya gimana ya? desperate bgt nih mo nonton diblok2 trs.

    • Saya pake Betternet mental terus, padahal sempat beli subscriptionnya ūüôĀ tapi mungkin sekarang sudah diupgrade. Saya nggak pernah nonton pake PC, tapi katanya bisa kalau install DNScrypt. Cuma kalau itu dapat Netflix katalog Indonesia saja.

  6. Film2 nya masih terlalu ketinggalan yaa… gimana ya cara bisa bukan katalog yang sama ama US? saya Pake console xbox one om nonton nya .
    mohon pencerahannnya.
    Thx

  7. saya baru beli smart tv lg Web Os . Disitu ada aplikasi netflix tetapi tidak dapat dibuka saya dengar netflix sudah diblokir sama telkom. Bagaimana cara membuka netflix tsb? Tq gan sebelumnya, balas lewat email saja ya gan.

    • Sulit. Perlu pake router yang bisa VPN, lalu set VPN ke VPNGate misalnya (VPN lain banyak diblok Netflix). Masalahnya kita dijepit oleh dua pihak, oleh Telkom diblok dan hanya bisa ditembus oleh VPN tapi di sisi lain VPN diblok oleh Netflix.

  8. Om kayaknya ga semua film ya ada juga yg ada sub indo nya saya nemu eat pray love ada sub indo nya
    Kira kira ada yg lain ga ya ?
    Makasih om

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.