Pengalaman Menggunakan Tokopedia

Sampai saat ini saya sudah sekitar 25 kali bertransaksi dengan Tokopedia dan saat ini belum pernah ada masalah dengan barang yang dibeli. Menurut saya Tokopedia ini paling baik user interfacenya dibandingkan layanan lain seperti BliBli, Lazada.  Baik app maupun webnya lebih bersih (tidak memaksakan banyak item dalam satu layar) dan punya fasilitas review produk maupun penjual.  Aliran proses dari pesan sampai bayar juga tidak membingungkan. Beberapa hal yang jadi patokan saya sebelum beli:

  1. Lihat reputasi toko (gold atau tidak, persentase transaksi sukses, rating).
  2. Lihat review produk. Cuma hati-hati, ada beberapa produk yang bagus pada awalnya tapi kemudian gampang rusak karena kualitasnya rendah. Tokopedia tidak memperbolehkan user mengupdate skor rating, walaupun review produk bisa diupdate.
  3. Lihat respon penjual saat diskusi produk. Semakin cepat semakin bagus. Kalau belum beli saja sudah malas menjawab, ya repot.  Dari diskusi ini juga dapat kita lihat apakah penjual tahu produk yang dijualnya.
  4. Cek produk serupa di internet, terutama Amazon. Banyak sekali produk di tokopedia yang palsu. Kita juga perlu realistis, tidak mungkin merk mentereng tapi harga murah. Tapi walaupun palsu karena harganya yang sangat murah dan kualitasnya lumayan, beli yang “palsu” juga kadang masih masuk akal. Asal bukan untuk hal-hal yang penting.
  5. Setelah kirim, cek resi di situs JNE/TIKI dst, terutama untuk kecocokan nama dan alamat. Ada beberapa kasus resi palsu (nama cocok, tapi alamat tidak). Jadi walaupun kita belum menerima, tapi oleh sistem sudah dianggap diterima.
  6. Urutkan barang berdasarkan penjualan, lalu harga. Ada produk yang sama tapi harganya beda jauh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.