Perbandingan Dell 14-7447 dengan Asus X450J

Update: batere Asus X450J  agak mengecewakan, dengan opsi Power Saver dan hanya digunakan  untuk mengetik tanpa internet, batere hanya tahan sekitar 3 jam atau sekitar separuhnya dari Dell 14-7447.

Laptop lama saya sudah mulai kesulitan untuk digunakan sehari-hari.   Membuat program dengan Java, berurusan dengan data yang besar, browser yang semakin rakus membuat laptop semakin keteteran. Ditambah batere yang sudah mati, lengkap sudah penderitaan 🙂

Beruntung istri dapat laptop Dell 14-7447 dari proyek penelitiannya. Karena dia masih punya laptop juga, maka saya culik eh pinjam hehe.  Tapi lalu istri juga mendapat kerjaan yang memerlukan proses berat ditambah laptop ini akan  dibawa ke Palembang, ya sudah [terpaksa] beli saja.

 

dell_147447_asus_x450j

Keterangan gambar:  Asus X450J (depan) dan Dell 14-7447

Spesifikasi minimal yang saya perlukan adalah prosesor  i7 dan memori minimal 8GB tapi kalau bisa lebih.  Setelah cari online, sepertinya hanya Dell yang memenuhi syarat tersebut dan jenisnya sama persis dengan punya istri. Sayangnya bagi saya harganya masih terlalu mahal, di kisaran 14jt (ingat istri dapat laptop dari penelitian, jadi tidak terasa hehe), tapi apa boleh buat.

Berbekal info tersebut, kami mampir ke BEC, iseng-iseng saya lihat laptop Asus X450JB, ternyata prosesornya sudah cocok, tinggal memori (default yang terpasang hanya 4GB). Harganya juga relatif jauh lebih murah dibandingkan Dell, 9.4jt. Saya tanya ke pegawainya, ternyata memori bisa diupgrade ke 16GB!  Yang 4GB dicopot, diganti dengan dua keping 8GB. Tukar tambah memori ini membutuhkan 1.1jt. Jadi total 10.5jt, tetap masuk akal.

Rasanya menggunakan memori 16GB? bisa dilihat pada gambar bawah, memori saat Windows dimulai.  Saat browser, IntelliJ dijalankanpun penggunaan memori tidak pernah melebihi 50%.

memori

Lalu apa kelebihan Dell 14-7447 dibandingkan Asus X450J? Pertama, GPU Dell adalah GTX 950M sedangkan Asus 940M, memang lebih bagus untuk main game, tapi karena saya hanya main CS-GO saja, perbedaaannya tidak terlalu terlihat. Anak saya melaporkan untuk game Dotta, dengan Dell bisa dapat 100 fps sedangkan Asus hanya 70fps saja. Kemudian layar Dell berjenis matte yang tidak memantul, sangat enak kalau digunakan di luar ruangan. Dell juga lebih hening kipasnya. Warna yang merah menyala juga lebih menarik. Batere juga lebih lama 45mWH vs 42mWH, atau sekitar 5 jam vs  3 jam (selisih kapasitas tidak jauh tapi efeknya kok besar, mungkin power management Dell lebih bagus?). Windows sudah tersedia juga.

Kelebihan Asus X450JB?  Nomor satu adalah harga 🙂  Selisih 4jt tapi memori bertambah dari 8GB ke 16GB dengan prosesor sama.  Garansi Asus juga lebih panjang, 2thn vs 1thn. Keyboard menurut saya lebih nyaman. Asus memiliki VGA port selain HDMI, yang penting bagi dosen yang sering presentasi.  Bloatware Asus juga lebih sedikit. Dell memiliki banyak program bawaan yang tidak bisa di-uninstall.

Kesimpulannya, bagi saya Asus X450J yang diupgrade memorinya sudah paling optimal berdasarkan spesifikasi dan harga.

10 comments on “Perbandingan Dell 14-7447 dengan Asus X450J

  1. Thanks Mas untuk review nya.. Saya sangat terbantu sekali dengan review nya

    Mas, nanya donk…pake windows brp ya? 8.1 / 10?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.