Tinta Hitam Luntur pada Printer HP GT 5810

Dua bulan yang lalu saya beli printer deskjet warna HP GT5810. Tertarik karena printer ini sudah dari pabrik menggunakan sistem botol jadi harusnya lebih murah tintanya. Kenapa pilih merk HP? karena saya sudah punya laser HP 400 yang memuaskan.

 

Masalah timbul saat saya mau mencetak foto di kertas foto glossy.  Saat disentuh jari, tintanya luntur!  Berdasarkan pengamatan lebih detil, ternyata hanya tinta hitam yang luntur. Setelah googling, ternyata ini hanya dialami oleh printer HP saja. Penyebabnya, untuk tinta hitam, HP menggunakan jenis matte ink, sedangkan untuk tinta warna yang lain menggunakan non-matte (supaya murah?).  Solusi: saat mencetak harus memilih jenis kertas “Photo Paper” bukan glossy, bukan matte.

Baris pertama diprint dengan memilih  jenis kertas photo paper sedangkan baris kedua dengan glossy. Baris pertama tidak luntur, sedangkan baris kedua luntur. Pada baris kedua kolom pertama, bisa dilihat sebagian sudah luntur karena saya ulas dengan jari. Setelah diulas, akan tertinggal hitam yang berbeda (lebih mirip abu-abu). Dapat dilihat juga hitam pada baris kedua lebih bagus karena lebih gelap sedangkan baris pertama agak abu-abu.

Jadi walaupun memilih jenis “photo paper” pada hasil cetak membuat tinta hitam tidak luntur,  tapi efeknya gambar terlihat kurang tajam sehingga lebih jelek (karena hitamnya bukan hitam, tapi lebih abu-abu).  Solusi lain mungkin dengan membeli kertas khusus dari HP (quick dry), tapi mahal: sekitar Rp.200rb untuk 50 lembar (itupun sepertinya susah dicari di Indonesia).

Kesimpulan? sebaiknya jangan beli printer HP untuk jenis deskjet warna.

2 comments on “Tinta Hitam Luntur pada Printer HP GT 5810

  1. Terima kasih review.y hehheeh padahal saya berencana untk bli printr tipe ini, sy mau tanya kira2 untuk ngeprint tgs2 kuliah, jurnal, skripsi dll printer ini recomended apa gmn ?

    • Kalau banyak print teks, yang paling cocok ya printer laser. Beli toner di tokopedia 150rb bisa untuk ribuan lembar. Murah, cepat ngeprintya, reliable. Cuma harga awalnya lebih mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.